Kenali 5 Risiko Kesehatan, Akibat Sering Begadang!

Wpfreeware 2021-10-15 11:25:15 health

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami yang namanya insomnia atau susah tidur bukan? Hal itu biasanya itu terjadi karena pikiran kita yang tidak tenang, terlalu banyak memikirkan suatu hal yang harusnya sudah tidak kita pikirkan ketika akan tertidur. Ternyata terdapat sejumlah risiko kesehatan yang kemungkinan besar akan kalian rasakan akibat terlalu sering begadang loh sobat glamours!

Salah satu contohnya adalah tekanan darah yang lebih tinggi, rendahnya tingkat produktivitas di keesokan harinya karena kurang tidur, kelebihan berat badan, dan suasana hati buruk. Membuat pola hidup dan pola tidur pastinya lebih tidak teratur, karena memiliki pola hidup yang tidak seperti orang-orang pada umumnya.

Bagi orang yang sudah terbiasa begadang, jam biologis mereka akan diawali di jam yang lebih siang daripada orang-orang yang selalu bangun pagi.

Berikut sejumlah risiko yang akan mempengaruhi kesehatan Anda akibat terlalu sering begadang:

 

Memiliki Tekanan Darah Lebih Tinggi

Tekanan Darah Tinggi: Gejala, Penyebab, dan Pencegahan | Super You

Peneliti dari sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Chronobiology International mengatakan jika salah satu akibat sering begadang akan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Asisten profesor kedokteran, paru-paru, perawatan kritis, dan obat tidur dari Icahn School Of Medicine dan Mount Sinail Health System, Andrew Varga, MD berkata bahwa, pola gaya hidup seperti makan yang tidak sehat, kurang tidur, dan kurang berolahraga dapat berkontribusi terhadap tekanan darah seseorang.

Rentan Mengalami Kenaikan Berat Badan

Source: Shutterstock.com

Ketika kita terlalu sering begadang akan lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Kebanyakan orang di saat begadang, akan makan larut malam dan itu dapat mengganggu cara tubuh melakukan metabolisme makanan, yang pada akhirnya berdampak buruk terhadap pembakaran lemak.

Akan Sulit Menjaga Rutinitas Olahraga

5 Tanda Kamu adalah Orang yang Pemalas | kumparan.com

Salah satu risiko kesehatan akibat sering begadang adalah kecenderungan untuk sulit menjaga rutinitas olahraga. Hal itu ditemukan para peniliti dari partisipan penelitian. Banyak dari mereka yang sering begadang akan bangun lebih siang, bermalas-malasan untuk beraktivitas, dan akhirnya hanya diam diri saja di rumah tanpa terpikirkan ingin berolahraga sebentar.

Lebih Berisiko Celaka Saat Berkendara

Pemotor Simak! Ini Cara Mencegah Kecelakaan Fatal saat Berkendara | Sumut  Indozone.id

Source: Pixabay

Sangat masuk akal, jika banyak orang yang begadang akan cenderung merasa kurang fokus dan mengantuk di pagi hari dibandingkan orang-orang yang tertidur dan bangun lebih awal. Maka dari itu orang-orang yang sering begadang akan lebih sulit fokus dan lebih rentan mengalami kecelakaan saat berkendara di pagi hari.

Para penulis mengatakan, beberapa temuan mereka menunjukkan pentingnya penyesuaian jam kerja individu, misalnya mengurangi tugas harus mengemudi atau tugas penting lainnya ketika merasa kurang fokus atau kurang tidur.

Meningkatkan Risiko Depresi dan Suasana Hati Buruk

Dampak Depresi bagi Tubuh yang Harus Diwaspadai - Alodokter

Source: Alodokter.com

Bahwa salah satu akibat sering begadang ialah berkemungkinan besar terkena gangguan depresi dan kecemasan, dibandingkan orang yang tidur normal atau terbiasa tidur lebih awal. Tidur larut malam pun sangat berdampak negatif terhadap suasana hati di esok harinya.

Penelitian tahun 2008 yang dipublikasikan di Personality and Individual Differences menemukan terbiasa tidur dan bangun lebih awal hari akan saling berkaitan dengan sifat keramahan dan kehati-hatian. Berbanding terbalik dengan yang sering begadang, mereka akan lebih sensitif terhadap rasa cemas dan cemburu, bahkan mudah marah.

Jadi akan lebih baik mulai dari sekarang atur pola tidur Anda sedini mungkin, karena jika bukan Anda yang aware terhadap tubuh Anda sendiri, siapa lagi?

Similar Post You May Like