Seberapa Pentingkah ASI untuk Bayi?

Wpfreeware 2021-08-02 15:14:16 health

ASI atau air susu ibu merupakan minuman yang harus dikonsumsi oleh bayi. Saking pentingnya, pemerintah bahkan mengeluarkan aturan agar bayi mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Peraturan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah no. 32 tahun 2002. 

Bukan tanpa sebab pemerintah sampai membuat kebijakan tersebut, hal ini ditengarai oleh segudang manfaat yang dimiliki oleh ASI bagi buah hati Anda. Bahkan, manfaat dari ASI tak bisa didapatkan dari berbagai makanan maupun minuman lainnya. Lalu, sebenarnya apa sajakah manfaat tersebut?

Membuat Berat Badan Bayi Ideal

Berat normal bayi 3 bulan - Ini panduan tumbuh kembang bayi 3 bulan

ASI memiliki kandungan yang paling ideal bagi tubuh buah hati Anda. Bahkan bayi yang mengkonsumsi asi cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal dibandingkan bayi yang mengkonsumsi susu formula. Hal ini dikarenakan ASI lebih sedikit mengandung insulin yang dapat memicu lemak pada tubuh bayi.

Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Bayi

Begini Tahap Perkembangan Kognitif Bayi 0-12 Bulan Sesuai Usianya | Orami

Sebuah studi yang dimuat dalam US National Library of Medicine, ASI digadang-gadang dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada bayi. Tentunya hal ini tak semata-mata karena karena ASI saja,melainkan terdapat faktor lainnya seperti IQ yang dimiliki oleh orang tua.

Sebagai Antibodi Alami Bagi Bayi

Studi Inggris: Antibodi Bayi Kuat Tangkal Covid-19 | Republika Online

Tahukah Anda bahwa ASI eksklusif yang diberikan bagi buah hati Anda dapat mencegah berbagai penyakit? Hal ini dikarenakan ASI mengandung zat antibodi yang dapat membentuk kekebalan pada tubuh bayi. Hal inilah yang akan membuat bayi dapat kebal ketika terserang virus maupun bakteri.

Comment

Similar Post You May Like