Peringatan Hari Hipertensi Sedunia, Ubah Gaya Hidup Untuk Hindarinya!

Wpfreeware 2024-05-17 07:32:07 hotnews

Tahukah Sobat Glamours? 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Dilansir dari laman National Today, hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi saat tekanan darah di pembuluh darah terus meningkat. Semakin banyak darah dipompa oleh jantung dan semakin sempit pembuluh darah, semakin tinggi tekanan darah seseorang.


Hipertensi mempengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan lebih dari 30% populasi orang dewasa di dunia. Ini merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular, terutama penyakit arteri koroner dan stroke. Karenanya untuk mengalahkan hipertensi, seluruh dunia sepakat untuk memperingati hari berbahaya tersebut pada 17 mei, tujuannya adalah agar semua orang aware terhadap bahaya penyakit ini.


Penyakit ini merupakan penyebab utama kematian secara global, mempengaruhi satu dari setiap empat pria dan satu dari setiap lima wanita, yang berarti lebih dari satu miliar orang. Genetika memang berperan, namun perubahan gaya hidup mempengaruhi tingkat tekanan darah secara drastis.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Source: Google Image

Perubahan gaya hidup sederhana yang dapat membantu mengurangi risiko hipertensi, yuk Sobat Glamours mulai aware dan ikuti tips berikut ini:


  • Diet seimbang menerapkan pola makan kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, seperti diet DASH, dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  • Berat Badan Sehat. Menurunkan berat badan ekstra dapat membantu menurunkan tekanan darah. Biasanya lingkar pinggang, yaitu obesitas perut, erat kaitannya dengan hipertensi
  • Olahraga membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan. Olahraga seperti aerobik, jalan cepat, berenang, bersepeda, atau menari akan membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah.
  • Relaksasi Untuk menghilangkan stres. Sertakan latihan relaksasi ke dalam rutinitas rutin Anda untuk menghindari hipertensi, seperti latihan pernapasan dalam, meditasi, atau yoga.


Penyesuaian gaya hidup seperti mengubah pola makan, meningkatkan aktivitas fisik, dan mengelola stres dapat menurunkan risiko hipertensi dan meningkatkan kesehatan jantung. Selamat hari hipertensi, yuk jaga kesehatan!


Similar Post You May Like