Memperingati Peristiwa Bandung Lautan Api Berikut Stilasi yang Ada!

Wpfreeware 2024-03-24 06:09:00 hotnews

Source: Pinterest

Sobat Glamours tahukah Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada tanggal 23 Maret 1946? Kini kita hanya bisa mengingat kembali peristiwa yang sangat legendaris tersebut. Jika kembali pada masa itu, kondisi pertahanan dan keamanan setelah Indonesia merdeka belum Kembali stabil.


Bahkan pada beberapa daerah terjadi pertempuran memperebutkan kembali wilayah kekuasaan sekutu. Saat itu penduduk yang tinggal di Bandung kemudian diungsikan, sementara bangunan-bangunan penting dan rumah dibakar. Sehingga dari momen momen yang darurat tersebut, terjadilah pembakaran massal yang diingat sebagai Bandung Lautan Api!

Sejarah 24 Maret 1946 : Penyebab Terjadinya Peristiwa Bandung Lautan Api -  Klausa.co

Source: Google Image

Bukti fisik peristiwa Bandung Lautan Api tersebut diwujudkan dalam bentuk stilasi. Stilasi Bandung Lautan Api berupa tugu kecil berbentuk prisma. Di dalamnya terdapat jalur pengungsian, sepotong lirik lagu Halo-Halo Bandung dan bunga patrakomala yaitu bunga khas Bandung yang berada di atas tugu berbahan dasar logam.


Sobat Glamours yang penasaran dengan stilasinya, berikut ini beberapa wilayah yang menjadi titik stilasi Bandung Lautan Api yang dikutip dari Humas Bandung, yuk simak dengan baik!

Jejak Peristiwa Bandung Lautan Api Pada Stilasi Sesuai Urutan Sejarah -  Memora.ID

Source: Google Image

  • Jalan Ir. H. Djuanda-Jalan Sultan Agung. Stilasi pertama berada tepat di depan gedung ex-kantor berita Jepang Domei atau yang saat ini menjadi Bank BTPN.
  • Jalan Braga. Berpindah ke stilasi kedua yang berada di persimpangan Jalan Braga dan Jalan Naripan.
  • Jalan Asia Afrika-Jalan Banceuy. Lokasinya berada di seberang Masjid Raya Bandung sebelah utara yang saat ini berfungsi sebagai gedung Jiwasraya.
  • Jalan Ciguriang. Stilasi satu ini justru sekilas tak terlihat, karena lokasinya yang berada di dalam sebuah rumah atau pertokoan.
  • Jalan Otto Iskandardinata-Jalan Kautamaan Istri. Tepat di dalam taman mini dan dinaungi pohon angsana terdapat stilasi kelima lokasinya berdekatan dengan SD Dewi Sartika.
  • Jalan Dewi Sartika. Jalan ini sebagai salah satu jalur menuju Bandung Selatan tempo dulu.
  • Komplek Belakang Kampus Unpas-Jalan Lengkong Dalam. Lokasi stilasi ketujuh ini berdekatan dengan komplek yang berarsitektur eropa.
  • Jalan Jembatan Baru. Berada di Jalan Jembatan Baru, stilasi ini menjadi bukti garis pertahanan pejuang saat terjadi pertempuran Lengkong.
  • Jalan Asmi merupakan stilasi ke-9 yang berada di SD ASMI, tepatnya Jalan Asmi.
  • Jalan Mohamad Toha-Depan Gereja Gloria. Stilasi terakhir berada di dekat saluran irigasi yang memisahkan antara trotoar jalan dengan Gereja.


Itulah 10 stilasi Bandung Lautan Api, bagaimana nih Sobat Glamours? Sekarang sudah tahu sedikit banyak tentang sejarah Bandung Lautan Api kan!


Similar Post You May Like