3 Aktivitas Ringan Pengganti Olahraga, Yuk Langsung Intip!

Wpfreeware 2023-12-30 13:00:00 health

Pernahkan Sobat Glamours membandingkan masa muda dahulu? Saat masih kecil, tentunya kita sering bergerak karena bermaik kesana kemari dengan riang dan lincah. Namun, ketika sudah dewasa aktivitas fisik ringan ini sangat jarang dilakukan, menggerakkan badan saja rasanya malas. Nah, agar badan Anda tetap bergerak dan aktif, ikuti contoh gerakan aktivitas fisik ringan berikut ini!


Berjalan kaki santai

Source: Pinterest

Tahukah Anda? Aktivitas fisik yang ringan secara teratur berkontribusi pada pencegahan kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya loh. Meski demikian tidak dapat dipungkiri bahwa frekuensi aktivitas fisik akan menurun seiring bertambahnya usia, terutama di kalangan lansia. Sebagai gantinya, Anda dapat menjalani aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki santai. Dengan hal itu Anda akan tetap mendapatkan manfaat yang sama seperti berolahraga.


Mengerjakan pekerjaan rumah

Source: Pinterest

Siapa yang menjadi ibu rumah tangga di keluarganya? Ternyata pekerjaan membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, atau mencuci baju bisa dikategorikan sebagai aktivitas fisik ringan loh, wah para ibu tidak lagi perlu berolahraga, bahkan aktivitas ini juga memiliki dampak positif pada kesehatan. Hal ini ditunjukkan dalam ulasan ilmiah dari BMC public health Hasil penelitian menunjukkan kalau pekerjaan rumah dapat membakar kalori dan mengencangkan otot.


Melukis dan menggambar

Source: Pinterest

Melukis dan menggambar ternyata bukan hanya aktivitas seni saja, melakukan hal tersebut tergolong juga sebagai aktivitas fisik ringan juga bermanfaat untuk menurunkan stres dan kecemasan.  Dikutip dari Hello Sehat, dalam sebuah makalah di Journal of American Art Therapy Association (2016), sekelompok peneliti mengukur kadar hormon yang merespons strees dari 39 orang dewasa yang sehat. Mereka menemukan bahwa 45 menit menggambar dan melukis bersama terapis seni berpotensi untuk menurunkan kadar hormon kortisol tersebut.


Bagaimana Sobat Glamours, beberapa aktivitas tersebut merupakan alernatif olahraga yang sagat ringan, masih juga tidak mau beraktivitas fisik meski ringan? Padahal ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Yuk mulai melakukannya dan jangan menunda lagi untuk kesehatan tubuh yang lebih baik!


Similar Post You May Like