Yuk Intip Pasar Tematik di Bandung!

Wpfreeware 2021-11-13 08:38:36 Ngebandung


Source: Pinterest.id


Pasar merupakan pusat perdagangan yang menyediakan berbagai macam barang barang yang diperlukan oleh makhluk hidup, seperti sandang pangan dan papan. Pada umumnya di dalam pasar terdapat berbagai macam penjual mulai dari pedagang sayuran, pedagang baju, pedagang kosmetik, pedagang ayam, ikan dan masih banyak lagi.


Kali ini pemerintah bandung telah memberlakukan pasar tematik.  Pasar tematik adalah Salah satu terobosan dalam rangka revitalisasi pasar-pasar tradisional yaitu dengan mengembangkan pasar yang khusus menjual produk-produk tertentu saja.  Sama halnya seperti biasa pasar tradisional, pasar tematik ini tempat jual beli yang menjual produk berdasarkan ciri khasnya seperti pasar onderdil, pasar burung, pasar ikan, atau bahkan pasar kain dan lain sejenisnya.


Agar Sobat Glamours dapat mengenal pasar tematik yang ada di bandung, yuk intip beberapa list pasar berikut!


Pasar Kembang Wastukencana



Source: Google Image

Pasar tematik yang satu ini merupakan pasar yang sudah dari dulu yaitu sejak tahun 1980 hingga sekarang. Pemerintah kota bandung merenovasi pasar ini pada tahun 1987 dengan bangunan khas priangan. Pasar ini merupakan simbol dari Bandung sebagai kota kembang. 


Di pasar Wastukencana ini terdapat tiga blok bangunan, masing-masing blok memiliki 30 toko bunga. Pasar ini menawarkan berbagai macam bunga juga tanaman yang bisa dibeli. Kualitas produk di pasar ini tentunya terjamin, dan tergolong cukup premium. Bagi anda yang hendak belanja, bisa langsung datang ke area pasar bunga wastukencana atau bisa juga belanja secara online pada masing masing toko.


Pasar Buku Palasari


Pasar Palasari | Info Pikiran Rakyat

Source: Google Image

Pasar tematik ini merupakan pasar yang sudah terkenal dan populer bagi para pecinta buku. Pasar ini merupakan pusat perdagangan buku paling lengkap di Kota Bandung. Para pelanggan dan pembelinya bukan hanya warga Bandung, namun banyak orang-orang dari berbagai kota bahkan ada yang dari luar negeri. Selain menawarkan harga yang lebih murah, Pasar Buku Palasari memiliki koleksi yang sangat beragam dalam berbagai bidang. 


Berbagai macam buku tersedia di pasar ini, mulai dari buku pengetahuan umum, agama, hingga buku-buku fiksi seperti novel dan komik bisa ditemukan di sini. Tak hanya yang baru, buku-buku bekas dan terbitan lama juga menjadi incaran pembeli yang datang. Hal itulah yang menjadi keunikan pasar tematik ini.


Pasar tematik ini sudah lama adanya, berdiri sejak tahun 1980-an. Awal mulanya, sejak tahun 1950-an para pedagang berjualan buku-buku bekas di kawasan Cikapundung, namun pada tahun 1982 mereka direlokasi ke Jalan Palasari dan ditempatkan di lantai dua bangunan Pasar Inpres Palasari oleh pemerintah Kota Bandung. Setelah tidak lama pindah pasar buku ini sudah menancapkan namanya sebagai pusat perdagangan buku antik terlengkap di Bandung.


Pasar Cikapundung


Serunya Berburu Barang Antik di Pasar Cikapundung Bandung : Okezone Travel

Source: Google Image

Pasar Cikapundung merupakan pasar tematik yang fokus pada barang antik dan karya seni. Berada di kawasan Cikapundung, Kota Bandung, Jawa Barat. Letaknya berada di lantai 3 Gedung Cikapundung Electronic Center. Tempat ini menjadi surga bagi pemburu barang klasik yang antik dan sudah jarang diperjual belikan.


Setiap barang di pasar ini ada kelasnya. Ada yang jadul atau zaman dahulu, antik dan kuno. Setiap kelas berbeda pula harganya. Pasar Cikapundung ini dibuka sejak 2012 lalu, pasar ini masih menjadi tempat favorit berburu barang klasik. Tak sedikit kolektor yang datang dari dalam dan luar kota. Mereka biasa mencari barang-barang yang sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik.


Pasar Lilin


Penjual Sepatu di Tegallega Tawarkan Harga Murah dan Bisa Ditawar

Source: Google Image

Pasar Lilin ini merupakan pasar tematik yang ciri khasnya menjual berbagai macam sepatu dan sandal. Beberapa pedagang menjajakan sepatu merk terkenal seperti Adidas, Nike, All Star Converse, Vans, dan lain-lain digelar di trotoar beralaskan plastik atau terpal. Meskipun produk yang dijual berbeda jauh dengan namanya,  namun pasar lilin ini memiliki sejarah yang tak terlupakan. Dikenal dengan sebutan Pasar lilin karena pasar ini hanya buka pada malam saja.


Pasalnya sejak dulu, para pedagang sepatu di pasar ini berjualan tanpa menggunakan listrik dan hanya bermodalkan lilin untuk sumber penerangan di tempat mereka melapak. Seiring perkembangan zaman, pedagang di sana kini memakai penerangan lampu yang ditopang besi setinggi kurang dari satu meter, yang diletakkan di tengah lapak.



Pasar Sukahaji


Sukahaji, Pasar Burung yang Konon Terbesar di Indonesia

Source: Google Image

Pasar tematik ini merupakan pasar pusat perbelanjaan berbagai macam burung. Pasar burung Sukahaji menjadi destinasi melancong para kolektor burung atau mencari hewan peliharaan. Lokasi yang berada di pinggir jalan tak sulit bagi peminat luar kota untuk berburu burung yang dijual sangat bervariasi. 


Pasar Burung Sukahaji mulai beroperasi sekitar tahun 1990. Mulanya pasar terpadu yang menjual tekstil dan kios-kios kelontong. Seiring berjalannya waktu dan maraknya dunia perburungan, sekarang hampir 95 persen didominasi kios-kios penjual burung, makanan burung, sangkar dan peralatan sangkar. Hanya beberapa kios kelontong dan warung yang tersisa. Lalu berkembang dengan banyaknya kios menjual hewan selain burung.

Similar Post You May Like