Wisata Edukasi: Kebun Binatang yang Ada di Bandung

Wpfreeware 2021-11-08 14:26:17 wisata


Source: Google Image


Berlibur tentunya hanya akan melepas penat semata, sedangkan berlibur sambil belajar tidak hanya bisa bermain tetapi juga akan mendapatkan pelajaran yang mengasyikkan karena diiringi dengan hal hal yang menyenangkan.


Kebun binatang adalah salah satu wisata edukasi yang baik untuk anak. Terlebih untuk para orang tua tentunya ingin mengajarkan beberapa hal penting terhadap anak. Mengenalkan berbagai macam hewan tentunya memberi beberapa wawasan yang nantinya akan teringat sampai dewasa kelak.


Anak akan terasa bahagia karena berinteraksi dengan beberapa hewan. Anak pula tidak akan menganggap hal tersebut sebagai pembelajaran, karena hal ini merupakan wisata edukasi sama halnya dengan belajar sambil bermain.


Seperti di Kota Kembang Bandung yang memiliki 2 wisata edukasi berupa kebun binatang yang worth it untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta, yuk intip list kebun binatang dibawah ini!


Bandung Zoological Garden


Kebun Binatang Bandung Dibuka Lagi, Kapasitas Pengunjung 25%

Source : Google Image

Wisata edukasi berupa kebun binatang ini, telah berdiri lama sejak tahun 1957 yang didirikan oleh R. Ema Bratakoesoema. Kebun binatang ini merupakan hibah dari salah satu petinggi belanda yang mencintai hewan dan ingin melestarikannya. Kebun binatan ini bertempat di Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.


Setelah beberapa lama berdiri dengan tampilan yang dulu, pada akhirnya di tahun 2021 diperbaharui dan beberapa spot wisata di renovasi. Kebun binatang ini juga baru beroperasi pada bulan September 2021 karena adanya PPKM dan juga ada kendala karena pandemi beberapa waktu lalu.


Namun sekarang telah beroperasi kembali dengan normal dan buka mulai pukul 10.00-16.00 WIB setiap hari, tentunya diiringi dengan penjagaan protokol kesehatan yang ketat. Seperti pengecekkan suhu tubuh, pencetakan kartu vaksin, dan selalu dianjurkan menjaga jarak juga mencuci tangan. Kondisi kebun binatang disana pun sudah terjamin disemprot disinfektan.


Untuk tiket masuk terdapat sedikit perubahan, Anda semua hanya perlu mengeluarkan Rp 50.000 per orang dewasa maupun anak-anak. Untuk anak dengan tinggi badan dibawah 80 cm tidak dikenakan biaya atau gratis. Hebatnya pihak kebun binatang sudah menyediakan pembayaran non tunai, seperti qris, debit/visa dan gpn. Untuk kalian yang membawa uang tunai jangan khawatir, karena pihak kebun binatang tetap akan menerimanya.


Di pintu masuk terdapat banner dengan scan barcode pedulilindungi yang harus digunakan, agar memantau berapa banyak orang yang berada di dalam kebun binatang tersebut. Ada beberapa spot baru dan berbagai macam hewan yang bisa dikunjungi, seperti jerapah, zebra, macan, singa, burung unta, bison, orang utan, beruang, rusa, unta, dan berbagai macam hewan-hewan lainnya.


Lembang Park and Zoo


5 Pesona Lembang Park and Zoo, Kebun Binatang Modern di Bandung

Source : Google Image

Kebun binatang ini merupakan kebun binatang terbaru yang ada di bandung. Didirikan pada tahun 2020, dan dibuka pada 2021. Lokasinya berada di Lembang Park & Zoo di Jalan Kolonel Masturi No.71, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 saat weekend dan 09.00 hingga 18.00 saat weekday.


Sama halnya dengan tempat wisata lain, kebun binatang ini juga memiliki protokol kesehatan yang ketat. Cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menunjukkan kartu vaksin dan dilarang berkerumun. 


Harga tiket masuk Lembang Park & Zoo Rp 40.000 untuk hari biasa, belum termasuk tiket fasilitas lain. Sedangkan Rp 50.000 ribu saat libur hari besar, cuti bersama dan akhir pekan, belum dengan fasilitas lain. Jika Anda memiliki anak usia 3 tahun kebawah maka tiket masuk untuk anak tersebut gratis.


Ada banyak sekali fasilitas terpisah di dalam nya. Mulai dari naik kano di danau buatan, duduk santai di gazebo, keliling area Lembang Park & Zoo dengan scooter hingga berkuda di Lembang Park Equestrian. Namun sayangnya fasilitas di Lembang Park & Zoo punya tiket terpisah, belum termasuk harga tiket masuk.


Di Lembang Park & Zoo kamu juga bisa menikmati kuliner di restoran sambil berinteraksi dengan satwa di balik dinding kaca. Ada juga kafe kucing di Lembang Park & Zoo, yaitu Neko Cat Cafe yang akan memuaskan keinginan bermain dengan banyak kucing lucu.


Di Lembang Park & Zoo juga ada tempat bermain anak-anak, di antaranya playground outdoor, kereta mini, storyland dengan beragam wahana seru hingga sekolah riding untuk anak. Bagi pecinta burung, ada yang menarik di Lembang Park & Zoo yaitu Bird Aviary dengan area semi indoor.

Similar Post You May Like