Ini Alasan Mengapa Seringkali Berkeringat Saat Tidur

Wpfreeware 2021-08-19 07:20:57 health



Apakah Anda pernah mengalami berkeringat saat bangun tidur? Ini umum terjadi saat kamar terlalu panas atau pakaian yang digunakan terlalu tebal. Namun, jika selalu berkeringat hampir tiap malam dan bukan karena suhu ruangan yang panas, perlu diwaspadai karena bisa jadi gejala dari suatu penyakit. 


Berkeringat dengan deras saat tidur di malam hari pasti membuat Anda tidak nyaman, apalagi jika sampai terbangun berkali-kali dan implikasinya waktu tidur Anda terganggu. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab berkeringat saat tidur, Anda harus memastikannya lebih lanjut ke dokter. Namun, kondisi ini bisa jadi mengindikasi Anda mengalami masalah kesehatan seperti berikut ini:


Stres



Stres menjadi faktor penyebab berkeringat saat tidur yang paling umum. Ini karena stres dan cemas dapat meningkatkan respons tubuh pada ancaman sehingga dapat mengubah sistem metabolisme, pernapasan, dan keringat. Kondisi ini bisa terjadi saat suhu sedang normal atau dingin dan berkeringat tanpa terkendali tanpa alasan yang jelas, dan dipicu oleh stres.


Efek samping obat-obatan



Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat antidepresan dapat memicu berkeringat saat tidur malam hari. Ini karena obat tersebut dapat mempengaruhi hormon di otak yang dapat mengendalikan suhu dan keringat. Selain obat antidepresan, obat lainnya yang dapat memicu keringat saat tidur seperti aspirin, obat migrain tripran, serta obat penghambat hormon.


Menopause



Salah satu gejala menopause adalah berkeringat saat tidur dan sudah menjadi hal yang umum terjadi. Ini karena adanya perubahan hormon saat menopause, yang bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan tubuh berkeringat saat tidur. Untuk mengatasi ini Anda dapat menjaga berat badan tetap ideal dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.


Tempat tidur yang tak nyaman



Menggunakan kasur dengan bahan yang panas dapat memicu keringat saat tidur. Misalnya, kasur busa yang membuat sirkulasi lebih banyak sehingga menimbulkan rasa sesak dan panas. Anda dapat menggunakan bahan sarung bantal dan seprai yang sejuk, karena jika bahannya panas dapat membuat tubuh gelisah dan memicu keringat. 


Comment

Similar Post You May Like