Kenali Dampak Buruk Child Grooming Yang Ramai Diperbincangkan!

Wpfreeware 2024-09-27 12:49:38 health

Baru-baru ini media sosial dipenuhi dengan isu child grooming Sobat Glamours tahukah dengan istilah child grooming? Child grooming sendiri merupakan salah satu bentuk tindakan kekerasan seksual pada anak. Di mana tindakan ini dapat memberikan dampak negatif, baik yang bersifat pendek, maupun jangka panjang.


Dalam ilmu psikologi, dilansir dari halodok istilah child grooming mengacu pada keadaan ketika seseorang mencoba membangun hubungan saling percaya dengan seorang anak (yang bukan darah dagingnya). Bagi para pelaku tindakan tersebut, hal ini bertujuan agar pada nantinya, pelaku dapat melakukan tindak pelecehan seksual terhadap anak tersebut.


Dampak Negatif Child Grooming Pada Anak

Source: Pinterest

  • Pada dasarnya anak-anak diajari untuk menghormati orang yang lebih tua dan orang dewasa. Alhasil, banyak pelaku child grooming yang mengambil keuntungan dari hal ini. Berikut ini beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh Child Grooming:


  • Perasaan anak menjadi lebih campur aduk. Hal pertama dari dampak child grooming adalah kesehatan mental, sebab pelaku mungkin tertarik pada anak dan menunjukkan kasih sayang kepada anak tersebut, dengan cara yang tidak dilakukan oleh orang dewasa lainnya. Sehingga ia akan semakin bingung dan tidak bisa membedakan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.


  • Dampak selanjutnya merupakan terusan dari perasaan anak yang mungkin membuat anak mengalami kesulitan tidur, cemas atau kesulitan untuk berkonsentrasi atau mengerjakan tugas sekolah. Sementara itu, lama-kelamaan mereka mungkin juga akan menjadi menarik diri, tidak komunikatif dan marah atau kesal.


  • Kemudian dampak akhir dari child grooming sendiri adalah depresi. Kenangan tersebut akan berdampak hingga mereka sudah beranjak dewasa, akibatnya mereka yang merupakan korban child grooming akan selalu dihantui oleh rasa takut dan juga merasa trauma.


Nah itulah beberapa dampak dari child grooming dan penjelasan singkatnya. Sobat Glamours yang melihat atau mengalaminya bisa langsung hubungi tenaga medis dan juga psikolog terpercaya.


Similar Post You May Like