Kenali Jerawat Hormonal Yang Membandel dan Cara Mengobatinya!

Wpfreeware 2024-08-09 09:08:46 Fashion&beauty

Tahukah Sobat Glamours? Jerawat bisa datang karena hormon yang ada dalam tubuh loh. Jerawat ini muncul karena produksi sebum berlebihan sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat meradang. Produksi sebum berlebihan ini dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh.


Lantas apa saja sih yang mempengaruhi hormon tersebut? Berikut penyebab umum perubahan hormon karena hal-hal berikut ini:

  • Stres.
  • Kurang tidur.
  • Pemakaian produk perawatan rambut atau kulit yang bukan bebas minyak atau bebas bahan yang tidak menyumbat pori-pori.
  • Perubahan kadar hormon pada wanita, seperti menstruasi, kehamilan, menopause, atau perubahan alat kontrasepsi.
  • Pria yang menjalani pengobatan testosteron.
  • Adanya riwayat keluarga.
  • Efek samping obat steroid.
  • PCOS dan kondisi medis lainnya.

Source: Pinterest

Jerawat hormonal sendiri memiliki beberapa fakta unik, yaitu muncul di usia tertentu, dan muncul karena beberapa jenis hormon. Biasanya jerawat hormon tumbuh di sekitar dagu, rahang bahkan punggung. Meski demikian jerawat tersebut dapat dicegah dengan menghilangkan stress dan juga memenuhi kebutuhan tidur.


Dalam mengobati jerawat hormon terdapat beberapa perbedaan dibandingkan mengobati jerawat biasa. Jerawat hormon umumnya dilakukan dengan pemberian obat-obatan oral melalui resep dokter. Hal ini karena produk obat jerawat topikal yang dijual bebas biasanya tidak mempan untuk mengatasi jerawat hormonal, kecuali jerawat yang Anda alami cukup ringan.

Source: Pinterest

Beberapa obat jerawat yang direkomendasikan oleh dokter untuk mengobati jerawat hormonal adalah:

  1. Krim retinoid. Jika jerawat hormonal yang muncul termasuk ringan, Anda bisa menggunakan krim retinoid topikal untuk meredakannya. Untuk membelinya, krim retinoid bisa dibeli tanpa resep dokter.
  2. Obat antiandrogen. Anda bisa mengkonsumsi obat antiandrogen, seperti spironolactone. Umumnya, obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, tetapi juga memiliki memiliki efek antiandrogen.
  3. Kontrasepsi oral. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi kadar hormon androgen dalam tubuh, mengurangi produksi sebum, dan mengatur siklus menstruasi. Penstabilan hormon ini dapat mengatasi terjadinya jerawat hormon.


Itulah beberapa tips untuk menghindari jerawat hormonal juga untuk mengobati jerawat tersebut. Jika Sobat Glamours mengalaminya segera obati dan konsultasi pada dokter ya!

Similar Post You May Like