Tips Aman Berpuasa Bagi Ibu Hamil!

Wpfreeware 2024-01-27 11:00:00 health

Berpuasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim, begitu pula dengan ibu hamil. Biasanya ibu hamil dapat menggantikan puasa dengan DAM atau denda yang sudah ditentukan oleh ketentuan dan syariat islam. Namun jika Sobat Glamours mampu dan telah berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan ada beberapa hal khusus yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dilakukan agar tetap menjaga kesehatan bayi.


Berikut merupakan tips secara umum agar Anda tetap sehat selama berpuasa pada awal kehamilan. Yuk simak dengan baik!


Penuhi kebutuhan cairan

Source: Pinterest

Gunakan waktu berbuka puasa, sahur, dan malam hari untuk memenuhi kebutuhan cairan. Ibu hamil setidaknya membutuhkan dua liter air setiap hari supaya terhindar dari dehidrasi. Setelah cairan tubuh terpenuhi Anda akan terjaga sampai buka puasa. Namun jika di tengah puasa mengalami kehausan, pusing dan mual, segeralah batalkan puasa untuk tujuan kesehatan.


Konsumsi makanan bergizi

Source: Pinterest

Anda perlu mengonsumsi makan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral setiap sahur dan berbuka. Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan sumber folat, zat besi, kalsium, dan vitamin A yang banyak ditemukan pada daging, sayuran hijau, dan olahan susu. Konsumsi juga suplemen dan vitamin agar ibu yang ingin puasa saat hamil muda bisa memenuhi kebutuhan gizi selama trimester pertama.


Istirahat

Source: Pinterest

Prioritaskan diri Anda untuk selalu beristirahat dengan maksimal. Hindari beberapa aktivitas yang mampu membuat diri Anda kelelahan. Mulailah atur jadwal tidur siang dengan cukup dan kurangi aktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah merasa haus dan terhindar dari dehidrasi.


Berbuka puasa dengan santai

Source: Pinterest

Saat magrib dan waktu berbuka telah tiba Anda diharapkan untuk mengkonsumsi makanan secara bertahap dan perlahan. Anda cukup berbuka puasa dengan makanan yang mengandung gula alami, seperti susu atau buah-buahan.Jenis makanan ini dapat mengembalikan energi yang terkuras selama puasa. Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan mengonsumsi makanan kaya protein dan zat gizi lain yang dibutuhkan selama masa kehamilan.


Meski Anda merasa dapat menjalankan puasa dengan lancar saat hamil terutama di trimester pertama namun sangat penting untuk tetap melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Konsultasikan segala hal yang Anda alami selama berpuasa, dan jika dokter memberi saran untuk membatalkannya, segeralah lakukan saran dokter. Sehat selalu bumil muda!


Similar Post You May Like