Tips Berikut Bantu Dukung Perkembangan Anak Pada Masa Golden Age!

Wpfreeware 2024-01-11 05:03:06 health

Source: Pinterest


Sobat Glamurs siapa yang memiliki buah hati yang cerdas dan ceria? Terutama saat fase golden age? Masa golden age ini menjadi salah satu periode anak untuk mulai mengeksplorasi minat dan bakat serta membentuk dasar untuk identitas dan kemampuannya di masa depan. Fase golden age anak sendiri, yaitu dalam rentang usia 0—5 tahun.


Pada masa ini peran orang tua sangat penting untuk mendukung dan memperhatikan buah hati agar pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa ini semakin optimal. Selain itu, pada periode ini juga anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dari segala aspek, mulai dari fisik, kemampuan kognitif, emosional, hingga sosialnya.


Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua pada masa golden age anak. 


  • Memberikan asupan nutrisi yang seimbang 

Pada masa golden age anak, mereka sangat membutuhkan nutrisi yang tepat dan seimbang untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mengonsumsi makanan seimbang sejak dini dapat membantu membentuk kebiasaan pola makan sehat anak.


  • Mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar anak

Selain memastikan si Kecil mendapat nutrisi yang cukup, menstimulasi kemampuan motorik halus dan kasar anak dalam usia golden age adalah hal yang juga perlu diperhatikan oleh orangtua.



Source: Pinteret


  • Melatih kemampuan kognitif anak 

Melatih kemampuan kognitif sejak usia dini merupakan langkah lainnya yang penting dilakukan oleh orangtua untuk mendukung tumbuh kembang anak pada masa golden age ini.


  • Memperhatikan kesehatan mental dan emosional anak 

Memperhatikan kesehatan mental dan emosional anak pada usia golden age adalah bagian penting yang juga perlu diperhatikan oleh orangtua. Pasalnya, pengalaman serta kondisi kesehatan mental dan emosional anak pada masa ini dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap kesejahteraan mental saat dewasa nantinya.


  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan 

Selain beberapa hal di atas, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter anak selama masa golden age adalah hal penting dilakukan agar tumbuh kembangnya berjalan optimal.


Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orangtua agar proses tumbuh kembang anak berjalan secara optimal pada periode golden age-nya.


Similar Post You May Like