Jalanan di Kota Bandung Longsor, Kendaraan Besar Dilarang Melintas!

Wpfreeware 2024-01-08 03:16:57 hotnews

Jalan Sersan Bajuri di Perbatasan Kota Bandung Dan Kabupaten Bandung mengalami longsor. Hal tersebut terjadi saat Kota Bandung diguyur hujan lebat pada Sabtu, 06/01/23. Titik longsor berada di dekat deretan lapak pedagang bunga hias di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Alhasil badan jalan yang biasa dilintasi oleh kendaraan wisatawan dari arah Bandung menuju Cisarua maupun Lembang menjadi tersendat.


Diketahui longsor tersebut disebabkan karena aliran sungai yang meluap sehingga tanah disekitarnya tergerus dan mengakibatkan longsor tersebut. Dengan cepat pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Bandung Barat bergerak menanggulangi dampak longsor tersebut agar tidak memburuk. Terlebih jalur tersebut merupakan akses utama wisata menuju Cisarua dari Kota Bandung dan sebaliknya.


"Kita tanggulangi dengan membuat pondasi bore pile di satu sisi jalan. Kemudian memasang bronjong di sisi lainnya supaya bisa menahan badan jalan khawatir longsor susulan," papar Muhammad Ridwan selaku Kepala Dinas PUTR Bandung Barat.


Selain itu beberapa himbauan diberikan kepada masyarakat oleh Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif. Bahwa kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk diminta tidak melintasi jalan tersebut karena dikhawatirkan bisa memperparah titik longsor. Terlebih badan jalan yang sempit dan rawannya longsor di daerah tersebut menjadi alasan utama.


Selama penanggulangan longsor berlangsung kendaraan wisatawan yang hendak melewati Jalan Sersan Bajuri ini bisa memutar lewat Jalan Cihanjuang Rahayu maupun Kolonel Masturi via Lembang atau Cimahi untuk menuju ke kawasan Cisarua dan sekitarnya.


Similar Post You May Like