Tips Atasi Diare Setelah Mengkonsumsi Makanan Pedas!

Wpfreeware 2022-08-04 12:00:00 health


Source: Pinterest

Menikmati makanan pedas tentunya membuat sensasi nikmat tersendiri, terlebih saat itu adrenalin terpicu karena sensasi panas dan pedas itu sendiri. Namun jika Sobat Glamours memiliki perut yang cukup sensitif mengonsumsi makanan pedas mungkin bisa menyebabkan Anda sakit perut dan diare.


Diare setelah makan pedas umumnya dipicu oleh senyawa aktif bernama capsaicin. Senyawa yang memberikan rasa pedas pada makanan ini dapat mengiritasi lapisan saluran pencernaan. Kondisi tersebut dianggap sebagai sinyal bahaya oleh tubuh. Untuk melindungi diri dari kondisi tersebut, tubuh akan mempercepat proses pencernaan agar makanan yang mengandung capsaicin dapat segera dikeluarkan.


Untuk Sobat Glamours yang memiliki perut sensitif, yuk simak tips atasi diare setelah mengkonsumsi makanan pedas berikut ini!


Perbanyak minum air putih


Source: Pinterest

Saat mengalami diare setelah mengkonsumsi makanan pedas, tubuh Anda akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit tubuh. Untuk mengganti zat-zat yang hilang tersebut, Anda perlu memperbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Dianjurkan untuk minum 2 gelas air putih setelah buang air besar.


Konsumsi makanan berkuah

Source: Pinterest

Tidak hanya minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi makanan berkuah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Disamping menambahkan asupan cairan tubuh, Anda juga menambahkan energi untuk tubuh. Beberapa jenis makanan berkuah yang bisa untuk Anda konsumsi saat diare adalah sup ayam atau sup sapi.


Terapkan pola Diet BRAT

Source: Pinterest

BRAT merupakan singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel atau apel yang dihaluskan), dan toast (roti panggang). Pola makan rendah serat ini disarankan untuk dikonsumsi saat Anda mengalami diare. Diet BRAT dapat mengatasi diare dengan cara memadatkan feses. Selain itu, makanan dalam metode diet ini juga tidak akan mengiritasi saluran pencernaan karena memiliki rasa yang cenderung hambar.


Konsumsi obat diare

Source: Pinterest

Mengonsumsi obat diare yang dijual bebas merupakan langkah efektif untuk mengatasi diare setelah makan pedas. Anda dapat memilih obat diare yang mengandung bahan aktif attapulgite. Obat ini bekerja dengan cara menyerap bakteri atau racun penyebab diare, lalu membuangnya bersama kotoran.


Itulah beberapa tips simple yang bisa Sobat Glamours lakukan untuk mengatasi diare. Selamat mencoba!


Similar Post You May Like