Yuk Intip Cara Aman Bersihkan Luka Menurut Medis!

Wpfreeware 2023-12-07 05:42:20 hotnews

Sobat Glamours pernah jatuh dan terluka? Sudahkah Anda mengatasi dan merawatnya dengan benar? Cara pertolongan pertama dasar yang tak boleh dilewatkan adalah membersihkan luka. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko infeksi pada luka, terutama luka terbuka. Pasalnya, bakteri dari luar bisa masuk untuk menginfeksi dan membuat kondisi luka bertambah parah hingga sulit sembuh. Untuk lebih lengkapnya Sobat Glamours bisa langsung ikuti tips berikut ini!


Menghentikan perdarahan

Cara Menghentikan Perdarahan yang Aman Saat Terluka

Source: Pinterest

Sebelum membersihkan luka terbuka, Anda perlu menghentikan pendarahan terlebih dulu dengan cara menekan atau menutup bagian luka tersebut. Untuk perdarahan luar yang ringan, Anda bisa menghentikan darah yang keluar dengan kapas atau kain bersih yang steril.


Bersihkan dan lindungi tangan

10 Kondisi Anda Harus Cuci Tangan

Source: Pinterest

Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh luka terbuka. Sebelum mulai membersihkan luka, Anda perlu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun terlebih dahulu. Jika kesulitan menemukan sumber air, gunakanlah cairan pembersih yang mengandung alkohol seperti hand sanitizer.


Cuci luka dengan air mengalir

10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) |  mybest

Source: Pinterest

Setelah itu, cucilah luka terbuka dengan air mengalir dan sabun untuk menghilangkan secara efektif setiap kotoran dan kuman yang berpotensi menyebabkan infeksi. Akan tetapi, gunakan sabun hanya untuk mencuci bagian kulit di sekitar luka. Hindari membiarkan sabun masuk ke dalam luka. Apabila luka terdapat di area mata, usahakan untuk tidak memakai sabun atau cairan pembersih yang mengandung alkohol tinggi.


Lindungi luka dengan plester

Cara Merawat Luka Sayat | Hansaplast.id

Source: Piterest

Setelah luka dibersihkan, Anda perlu menjaga luka tetap bersih dan steril dengan cara membalut luka dengan plester atau perban. Pembalut luka atau perban tersebut harus dipasang secara hati-hati. Sebelum melakukan cara membalut luka yang tepat, oleskan cairan, salep antiseptik, atau petroleum jelly pada luka yang telah dibersihkan dengan kapas atau kain kasa steril.


Similar Post You May Like