Manfaat Sensory Play Untuk Buah Hati, Ibu Wajib Tahu

Wpfreeware 2023-07-16 15:33:51 health

Sobat Glamours yang memiliki buah hati pastinya sudah tahu dengan sensory play. Sensory play atau permainan sensorik adalah jenis kegiatan yang merangsang indera anak-anak untuk siap menghadapi dunia. Otak menggunakan indera untuk membantu merespon banyak hal di sekitar kita. Permainan sensorik ini membantu anak-anak mengembangkannya.


Untuk lebih jelasnya yuk simak manfaat lain dari sensory play ini. Simak dengan baik ya Sobat Glamours!


Mendukung Perkembangan Kognitif

Kenali Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini

Source: Pinterest

Sebuah studi di Environment-Behaviour Proceeding Journal menemukan bahwa stimulasi sensoris yang diberikan sejak dini, terutama ketika dilakukan di luar ruangan, memberi otak bayi dorongan yang signifikan. Sebab, permainan sensoris dapat mendorong mereka untuk mengeksplorasi cara bermain dan terlibat dengan berbagai pengalaman serta cara mengatasi tantangan yang mereka hadapi.


Mendukung Perkembangan Motorik Halus

10 Manfaat Sensory Play dan Ide Bermain di Rumah

Source: Pinterest

Ada dua jenis keterampilan motorik utama yang dikembangkan anak, yaitu motorik halus dan motorik kasar. Keterampilan motorik kasar berurusan dengan koordinasi kelompok otot besar dan bertanggung jawab untuk aktivitas seperti berlari, berjalan, dan lainnya. Keterampilan motorik halus adalah keterampilan yang membutuhkan kemampuan untuk menggunakan dan mengkoordinasikan kelompok otot kecil.


Mengembangkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Karakteristik Bahasa Anak Usia 0-6 Tahun & Tips Cara Berkomunikasi

Source: Pinterest

Permainan sensoris dapat membantu Si Kecil mengembangkan keterampilan pra-menulis anak-anak, seperti contohnya dimulai dengan memegang pensil. Bermain dengan berbagai jenis tekstur, rasa, dan objek membantu anak membangun cara baru untuk berbicara tentang dunia.


Karena ini membantu meningkatkan kosakata penggunaan kata-kata deskriptif, seperti misalnya halus, kasar, runcing, halus, manis, asam, pedas, dan lainnya. Ini adalah tahapan yang sangat penting untuk mendukung perkembangan kemampuan berbahasa dan komunikasi bayi.


Itulah manfaat yang bisa didapat setelah bermain sensory play. Yuk Sobat Glamours mulailah terapkan permainan ini pake buah hati. Selamat mencoba!


Similar Post You May Like