3 Tradisi Unik Saat Hari Raya Idul Adha, Yuk Langsung Intip!

Wpfreeware 2023-06-29 11:00:00 hotnews

Idul Adha disebut juga sebagai Hari Raya Kurban karena diperingati dengan penyembelihan hewan kurban. Namun, tahukah Sobat Glamours beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik Idul Adha selain menyembelih hewan kurban loh. Tradisi ini selalu dilakukan setiap tahunnya. dan menjadi identitas bagi daerahnya sendiri. Yuk langsung intip tradisi unik tersebut disini!


Manten Sapi di Pasuruan

Source: Google Image

Masyarakat Pasuruan merayakan Idul Adha dengan melakukan tradisi manten sapi. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur serta penghormatan kepada hewan kurban yang akan disembelih. Hal yang unik adalah saat sapi yang hendak dikurbankan dimandikan dengan air kembang dan didandani layaknya acara pengantin. Hewan tersebut juga dikalungkan dengan bunga tujuh rupa, lalu dibalut dengan kain kafan, serban,dan sajadah sebagai tanda kesucian.


Setelah didandani, semua sapi diarak menuju untuk diserahkan kepada panitia kurban. Usai disembelih daging sapi kurban ini biasanya akan diolah dan disantap bersama-sama oleh masyarakat Pasuruan.


Apitan di Semarang

Idul Adha Sebentar Lagi, Mengenal Tradisi Apitan di Masyarakat Jawa -  Travel Tempo.co

Source: Google Image

Tradisi unik Idul Adha lainnya adalah tradisi apitan. Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Semarang ini merupakan bentuk rasa syukur atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan oleh tuhan. Biasanya dimulai dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan arak-arakan hasil tani atau ternak, dan nantinya hasil tani tersebut akan diperebutkan oleh masyarakat setempat.


Tradisi apitan di Semarang ini dipercayai sudah menjadi kebiasaan masyarakat sejak masa Wali Songo sebagai bentuk ungkapan rasa syukur di perayaan Idul Adha. Wah sangat menarik ya Sobat Glamours!


Kaul dan Abda\'u di Maluku Tengah

Warga Tulehu Ambon Gelar Ritual Abdau

Source: Google Image

Daerah Maluku Tengah juga memiliki tradisi Idul Adha yang tidak kalah menarik, yaitu kaul dan abda’u. Tradisi tersebut merupakan serangkaian parade budaya yang dirayakan masyarakat Tulehu. Kaul dan Abda’u sendiri telah berlangsung sejak abad ke-17. Prosesnya, diawali dengan pemuka adat dan agama yang akan menggendong 3 ekor kambing dengan kain usai melaksanakan salat Idul Adha.


Mereka kemudian berjalan mengelilingi desa dengan iringan bacaan takbir dan shalawat sambil menuju masjid. Masyarakat Tulehu mempercayai tradisi ini sebagai bentuk menolak bala serta meminta perlindungan kepada tuhan.


Itulah beberapa tradisi unik saat perayaan Idul Adha, tidak hanya tradisi tersebut pasalnya masih banyak sekali tradisi yang unik di daerah lain. Kalau di daerah Sobat Glamours adakah tradisi unik seperti tradisi diatas?


Similar Post You May Like