Kenali Gejala Diabetes Lebih Awal, Sebelum Terlambat!

Wpfreeware 2021-11-22 11:39:52 health

Diabetes merupakan penyakit kronis jangka panjang yang ditandai dengan peningkatan gula darah. Ciri awal diabetes seringkali dianggap sepela sehingga banyak penderita yang baru menyadari saat telah mengalami komplikasi. Tentunya merupakan hal yang krusial untuk mengetahui gejala diabetes sedini mungkin agar bisa segera mendapatkan perawatan lebih lanjut. 


Mari simak ulasan beberapa gejala awal diabetes yang harus Anda ketahui!


Sering buang air kecil

Penyebab Anak Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Source: Google image

Jika Anda beser atau sering bolak -balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, Anda harus waspada. Gejala yang satu ini biasanya terjadi saat sering buang air kecil di malam hari, bahkan hingga membuat Anda terbangun saat sedang tidur. Dalam istilah medis, hal ini disebut poliuria dan terjadi karena kadar gula pada darah sudah melampaui batas.


Mudah haus

6 Bahaya Dehidrasi yang Tak Boleh Anda Sepelekan

Source: Google Image

Gejala diabetes lainnya adalah mudah merasa haus dan bedanya rasa haus yang Anda rasakan ini tidak mudah hilang meskipun telah meminum banyak air. Kondisi ini berkaitan dengan gejala sering buang air kecil, Anda akan sering merasa membutuhkan asupan cairan untuk menggantikan cairan yang terbuang melalui urine.  


Berat badan turun drastis

Berat Badan Turun Drastis Justru Berbahaya - Alodokter

Source: Alodokter

Jika Anda sering merasa lapar Anda harus hati-hati! karena itu menjadi salah satu ciri-ciri diabetes yang paling umum dan tidak dapat disepelekan. Kondisi ini biasanya terjadi setelah makan berat, dan disebabkan oleh kemampuan tubuh yang bermasalah saat memproses insulin. 

Proses perubahan glukosa menjadi energi menjadi terhambat dan tubuh merasa energinya tidak terpenuhi sehingga memberikan sinyal untuk kembali makan. 


Gangguan pengelihatan

Penyebab Mata Kabur dan Kondisi yang Mendasarinya - Alodokter

Source: Alodokter

Tak hanya berkaitan dengan penyakit dalam, diabetes juga akan menyerang penglihatan Anda. Jika Anda mengalami gejalan gangguan penglihatan seperti buram, penglihatan kabur, atau keruh sejak usia muda perlu diwaspadai karena ini salah satu gejala diabetes. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya glukosa penderita yang menyebabkan kerusakan saraf dan pendarahan di pembuluh darah mata. 

Similar Post You May Like