Bawang Putih Tunggal Bukan Hanya Bumbu Masak, Tapi Hasilkan Manfaat Melimpah!

Wpfreeware 2024-06-10 09:31:32 health

Source: Pinterest

Sobat Glamours siapa yang pernah mendengar bawang putih tunggal (solo garlic) dipercaya memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada jenis bawang putih biasa? Ya, hal tersebut benar adanya.


Dilansir dari Hello Sehat bawang putih yang hanya terdiri dari satu siung karena tumbuh di lingkungan yang tidak memadai. Sehingga senyawa aktif dalam bawang yang disebut single clove garlic ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa. Kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih tunggal jumlahnya 5 - 6 kali lebih banyak dari bawang putih biasa.


Wah tidak heran manfaatnya sangat melimpah ya Sobat Glamours. Penasaran kan? Yuk langsung intip dan kepoin manfaat dari bawang tunggal berikut ini!

Source: Pinterest

  • Sebagai antioksidan. Zat allicin dalam bawang putih tunggal adalah senyawa antioksidan, tetapi mudah berubah menjadi senyawa allicin jika diolah dengan cara dicincang, dihancurkan, atau diproses. Karenanya lebih dianjurkan untuk langsung dimasak atau di fermentasi.
  • Melindungi fungsi hati. Manfaat lainnya dari bawang putih tunggal dapat meningkatkan aliran empedu ke usus halus. Selain itu, bawang lanang menekan perlemakan hati, mengurangi keparahan fibrosis hati (jaringan parut hati), dan memperbaiki sel hati.
  • Menghambat infeksi bakteri. Minyak atsiri (esensial) dari bawang putih tunggal mampu menekan infeksi bakteri pada manusia. Hal ini ditunjukkan dalam hasil penelitian dalam jurnal Biosaintifika.
  • Meringankan gejala diabetes. Manfaat selanjutnya adalah meringankan gejala diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dapat mengurangi glukosa darah dengan menghambat pencernaan glukosa di usus kecil. Senyawa ini bekerja dengan meningkatkan pembuangan glukosa di jaringan serta melindungi dan memperbaiki sel yang rusak.


Itulah beberapa manfaat yang ada pada bawang putih tunggal, Sobat Glamours dapat mengkonsumsi bawang putih tunggal mentah untuk mendapatkan khasiatnya. Namun apabila Anda ragu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui efek samping kebanyakan bawang putih jenis ini. Selamat mencoba!

Similar Post You May Like