Tips Kendalikan Rasa Takut Saat Melahirkan, Wajib Coba!

Wpfreeware 2023-07-06 04:03:36 hotnews

Tahukah Sobat Glamours? meski tidak banyak terjadi, ada beberapa wanita yang mengaku takut melahirkan loh. Bahkan ada beberapa wanita yang setres karenanya. Memang, melahirkan tidak hanya butuh kesiapan fisik, tetapi juga mental yang kuat. Pasalnya, persalinan merupakan suatu pengalaman yang alami dan indah, tak selalu menakutkan dan menegangkan seperti yang ada dalam benak Anda.


Justru rasa takut yang berlebihan dapat berdampak pada kesehatan bayi Anda. Itu sebabnya, hal tersebut tidak dianjurkan. Jika mengalaminya Anda bisa menggunakan beberapa teknik di bawah ini untuk membantu mengatasi takut melahirkan. Yuk simak langsung!


Memilih dokter atau bidan yang terpercaya

12 Pregnancy Questions That You Should Ask Your Doctor

Source: Pinterest

Hal pertama yang seharusnya dilakukan wanita yang takut melahirkan adalah memilih dokter kandungan atau bidan yang tepat. Pastikan dokter kandungan Anda cakap, informatif, dan terpercaya. Ada baiknya beliau pernah membantu anggota keluarga dan sahabat Anda menjalani persalinan. Dengan begitu, Anda pun jadi lebih tenang dan mau percaya pada kata-kata dokter tersebut.


Melakukan relaksasi

Everything You Need to Know About Prenatal Yoga

Source: Pinterest

Bagi beberapa wanita hamil, rasa takut dan cemas yang muncul bisa jadi suatu hal yang sangat membebani. Jika ini yang Anda rasakan, Anda perlu melatih teknik relaksasi. Yaitu dengan cara memejamkan mata dan pikirkan suatu tempat atau situasi yang membuat Anda merasa tenang dan damai. Anda juga bisa ikut yoga dan meditasi khusus ibu hamil untuk membantu menenangkan pikiran menjelang persalinan.


Dengarkan tubuh dan bayi Anda

Pregnant during the pandemic? Here\\\'s everything you can do — The Birthplace

Source: Pinterest

Pada akhirnya, proses melahirkan itu dikendalikan oleh tubuh dan bayi Anda sendiri. Percayalah bahwa tubuh Anda dan bayi yang akan lahir punya cara khusus untuk saling bekerja sama. Jadi, Anda harus belajar untuk mendengarkan baik-baik tubuh dan bayi Anda sejak awal kehamilan.


Memahami rasa sakit


Source: Pinterest

Bila Anda takut melahirkan karena tidak tahan sakit, coba ubah pola pikir Anda. Pahamilah bahwa rasa sakit saat melahirkan tidak sama dengan rasa sakit yang muncul ketika Anda terluka atau kena penyakit yang perlu segera disembuhkan. Sensasi fisik tersebut justru sangat dibutuhkan untuk membawa bayi Anda lahir ke dunia.


Mencari dukungan dari keluarga atau sahabat

The 2 most important rules about pregnancy from moms of big families

Source: Pinterest

Ibu hamil yang dikelilingi orang-orang terdekatnya menjelang kelahiran akan merasa lebih percaya diri dan optimis soal persalinannya. Tak perlu malu untuk mengakui bahwa Anda takut melahirkan, justru dengan bercerita pada orang yang bisa dipercaya Anda bisa meluapkan rasa takut tersebut.


Semangat untuk para ibu hamil yang sedang berjuang, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan ya Sobat Glamours!


Similar Post You May Like