Mengenal Para Pahlawan Sumpah Pemuda

Wpfreeware 2021-10-28 18:30:45 hotnews

source: pinterest.id

Sumpah pemuda merupakan hari bersejarah yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober, awal mulanya hari peringatan ini ditentukan pada pasca pelaksanaan Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda bertemakan “Bersatu Bangkit dan Tumbuh" dan akan menjadi peringatan yang ke-93 tahun.


Sumpah pemuda merupakan sebuah ikrar pemuda indonesia yang menjunjung bangsa Indonesia. Tentunya dibalik naskah ikrar sumpah pemuda ada pemuda-pemudi indonesia yang berpartisipasi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Para tokoh pahlawan yang berjasa dibalik lahirnya ikrar sumpah pemuda dan alasan diperingatinya sumpah pemuda.


Berikut para tokoh pahlawan yang wajib diketahui, dikenang, diikuti torehan prestasi dan juga semangatnya oleh generasi muda indonesia.




Djoko Marsaid

djoko marsaid | Cashbac.com

Source: Google Image

Djoko Marsaid memiliki nama asli Tirtodiningratmerupakan aktivis yang menjadi ketua Jong Java. Pada saat kongres pemuda II, Djoko Marsaid bertindak menjabat sebagai wakil ketua kongres pemuda II.


J. Leimena

Biografi Johannes Leimena - Pahlawan Nasional - BIOGRAFI TOKOH TERNAMA

Leimena adalah anggota panitia kongres pemuda II. J. Leimena lahir tahun 1905 di Ambon, Maluku, merupakan seorang aktivis mahasiswa dan ketua dari organisasi pemuda Jong Ambon. Selain itu ia juga seorang dokter, politisi, dan Pahlawan Nasional Indonesia. Ia tercatat sebagai salah satu menteri yang menjabat paling lama selama pemerintahan presiden Soekarno,


Prof. Mr. Soenari Sastrowardoyo

Soenario - Wikipedia

source: google image

Prof. Mr. Soenari Sastrowardoyo adalah penasehat panitia kongres pemuda dalam merumuskan Sumpah Pemuda dan pembicaranya. Beliau juga dikenal sebagai aktivis kampus pada masa mudanya. Beliau sangat banyak berkontribusi pada sumpah pemuda ini.


Amir Syarifuddin Harahap

AMIR SJARIFOEDDIN - UNHAMZAH

source: google image

Tokoh yang satu ini adalah wakil ketua dari Jong Batak Bond dan aktivis yang sangat anti-Jepang, bahkan pada masa penjajahan jepang Amir juga pernah diancam untuk dihukum mati. Amir memberikan kontribusi ide-ide brilian saat terjadinya perumusan Sumpah Pemuda


M Yamin

Mohammad Yamin - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

source: google image

M. Yamin lahir pada 1903 di Minangkabau memiliki nama asli Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H. merupakan sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum yang telah dihormati sebagai pahlawan nasional Indonesia. Ia merupakan salah satu perintis puisi modern Indonesia dan pelopor Sumpah Pemuda sekaligus "pencipta imaji keindonesiaan" yang mempengaruhi sejarah persatuan Indonesia.yang terkenal sebagai penyair puisi gaya modern di Indonesia. M. Yamin merupakan orang yang memberikan usulan dan mendorong agar bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda.


Soegondo Djojopoespito

soegondo djojopoespito | Cashbac.com

source: google image

Tidak banyak orang yang tahu pria kelahiran tahun 1905 ini, namun kontribusinya sangat besar. Beliau adalah tokoh penting yang memimpin jalannya kegiatan kongres pemuda II di Jakarta sampai menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda. Tokoh pemuda tahun 1928 ini memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan Sumpah Pemuda, dengan motto: Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa: Indonesia


W.R Supratman

Mengulik Biografi Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman  - Museum Sumpah Pemuda

source: google image

Tidak hanya dikenal sebagai seorang wartawan, pengarang, dan pencipta lagu Indonesia Raya, W. R. Supratman menjadi tokoh penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda.Pada penutupan kongres pemuda II, W. R. Supratman menunjukkan sebuah lagu instrumental tanpa teks dengan alat musik biola yang menjadi lagu kemerdekaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya.


S. Mangoensarkoro

Sarmidi Mangunsarkoro, Ki

source: google image

Tokoh dengan nama lengkap Sarmidi Mangoensarkoro ini adalah tokoh penting sumpah pemuda yang lahir pada 1904. Saat kongres pemuda I dan II, Sarmidi merupakan aktivis pendidikan.Sarmidi lebih banyak berbicara perihal pendidikan untuk rakyat Indonesia. Bahkan berkat konsentrasinya dalam bidang pendidikan yang begitu kuat tersebut, tahun 1949 sampai 1950 Sarmidi dipercaya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.


Semangat tokoh-tokoh pahlawan sumpah pemuda harus terus gelorakan kepada generasi muda, kelak hal tersebut membuat bangsa Indonesia terus maju dan menjadi bangsa yang lebih baik.


Similar Post You May Like