Seniman Asli Bandung, Kenalan Lebih Dekat Yuk sama Ayah Pidi Baiq!

Wpfreeware 2021-10-26 10:46:58 Ngebandung

Nama Pidi Baiq tentunya sudak tidak asing di telinga bukan? Terutama bagi Anda yang pecinta karya seninya. Terlebih sejak beredarnya buku Dilan sampai akhirnya di angkat menjadi film.  Banyak kalangan masyarakat yang antusias karena filmnya sangat booming pada saatnya. Sosok Pidi Baiq ini sering dipanggil Ayah oleh para pengikutnya, serta sosok Ayah ini begitu ramah dan sangat multitalenta.

Nah kira-kira sobat glamours tau gak sih, hal lainnya tentang Pidi Baiq? selain andil besarnya membawa sosok Dilan yang kini sangat dicintai seluruh masyarakat Indonesia. Ini dia 8 fakta menarik mengenai Pidi Baiq yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Mantan dekan

Pidi Baiq

Source: Viva.co.id

Percaya tidak percaya, Pidi Baiq ini memang bukan sembarang orang. Usut punya usut, Ayah ini memang pernah menjabat sebagai Dekan di ITB, kampus almamaternya. Dalam salah satu serial Drunken ia bercerita bahwa tetangganya pun kerap kali tidak percaya dengan jabatannya tersebut. Mereka malah berkomentar “masa iya orang seperti Pidi Baiq menjadi seorang dekan?"

Walaupun demikian, Pidi Baiq dulu kerap dipanggil Pak Guru, Pak Dekan, atau Pak Dosen oleh para tetangganya. Selepas dari jabatan tersebut, Pidi Baiq lebih memilih menekuni dunia seni yang memang ia cintai sedari dulu.

Lulusan ITB

Kreatif versi Pidi Baiq dalam Studium Generale KU-4078 - Institut Teknologi  Bandung

Source: Itb.ac.id

Walaupun kelihatannya suka nyeleneh dan asal-asalan, fakta menariknya Pidi Baiq memang bukan orang sembarangan. Ia sudah menekuni dunia seni sejak masa perkuliahannya dengan mengambil jurusan FSRD di Institut Teknologi Bandung. Setelah lulus pun, Pidi Baiq bertualang ke luar negeri seperti Amsterdam, misalnya juga untuk belajar mengenai seni dan filsafat. Ia berada di luar negeri seperti dalam kisah Manuskrip Amsterdam salah satunya. Yang lucunya, Pidi Baiq mengaku bahwa ijazahnya tidak pernah diambil dari ITB. "Untuk kenang-kenangan bahwa aku pernah di sana" katanya setiap kali diundang dalam seminar yang diadakan di kampusnya tersebut.

Penulis Banyak Buku

Pidi Baiq: Saya Enggak Punya Cara Khusus Menulis Novel - Tamu -  koran.tempo.co

Source: Tempo/ Prima Mulia

Bagi Anda yang hanya mengenal Pidi Baiq dari Dilannya, inilah waktunya Anda mengenal lebih dekat dengan Pidi Baiq melalui karya-karya lainnya. Apa saja sih buku yang sudah ditulis Pidi Baiq?

Serial Drunken adalah debut awal yang membuat nama Pidi Baiq dikenal khalayak ramai merupakan bagian yang jangan sampai terlewatkan untuk kamu baca, ya. Drunken Mama, Drunken Monster, Drunken Marmut, dan Drunken Molen. Walau tidak sefenomenal Dilan, serial Drunken bisa dibilang berhasil karena telah beberapa kali dicetak ulang. Bagi kamu yang mau melihat kehidupan sehari-hari Pidi Baiq, kamu harus membaca buku ini!

Selanjutnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi adalah Dilan. Dilan: Dia Dilanku Tahun 1990, Dilan: Dia Dilanku Tahun 1991, dan Milea: Suara dari Dilan adalah serial wajib yang harus kamu baca.

Menyukai Kungfu

5 Fakta di Balik Pidi Baiq, Penulis Novel Dilan 1990 | Ahead

Source: Google Image

Jika Anda adalah fans Pidi Baiq sejak lama, Anda pasti mengetahui serial Drunken yang menjadi debut awal Pidi Baiq. Tahukah kamu dari mana inspirasi kumpulan tulisan Pidi Baiq yang lucu, namun sarat makna tersebut? Diakui Pidi, ia sangat menyukai Kung Fu dan film Drunken Master.

Serial Drunken yang ditulisnya pun terinspirasi dari film dan buku Kung Fu Drunken Master yang dibintangi Jackie Chan tersebut, lho. Buku yang ditulis dengan bahasa “sekenanya" dan tidak memerhatikan EYD sekarang PUEBI itu katanya ditulis seakan-akan ketika Pidi Baiq sedang mabuk. Jadi, wajar saja kalau bahasanya terkesal “seenaknya". Masa, kamu mau memarahi orang mabuk?

Imam Besar The Panas Dalam

The Panasdalam Bank Ungkap Kegelisahan Mahasiswa Lewat Lagu

Source: Kompas.com

Meskipun Pidi Baiq ini tidak jadi mendirikan negaranya, The Panasdalam akhirnya berdiri sebagai sebuah band dan Pidi Baiq mengangkat dirinya sendiri sebagai Imam Besarnya. Tahukah kamu arti The Panasdalam?

The Panasdalam ialah merupakan orang-orang dari berbagai agama dengan The akronim dari aTHEis, PA-nya dari PAganisme, NAS-nya dari NASrani, DA-nya dari Hindu budDA, LAM-nya dari isLAM. Hal ini dikutip langsung dari pernyataan Pidi Baiq yang menjelaskan mengenai Sejarah Berdirinya The Panasdalam dalam blog pribadinya.

Tambahanan informasi, sebagai serikat yang didirikan tahun 1995, The Panasdalam ini bukan hanya berdiri sebagai sebuah band, yang lebih senang disebut bank, karena terasa seperti banyak uang, kini The Panasdalam Serikat juga memiliki institute, foundation, front pembela, majelis, palang merah, tentara, rumah penampungan, dan rumah makan.

Pernah Menjabat Sebagai Walikota Bandung

pidi baiq

Source: Google image

Sebagai salah satu warga kota Bandung bagian Ciwastra, Pidi Baiq jelas asli Bandung. Quote tentang Bandung yang ia pernah tulis pun diabadikan oleh Pak Wali, Ridwan Kamil dulu saat masih menjabat, untuk dipampang di bawah terowongan yang menghiasi jalan Asia-Afrika.

Pada saat Bandung berulang tahun di tahun 2014 dulu, Pidi Baiq sebagai warga yang begitu mencintai Bandung, Ingin ambil bagian. Ia meminta kepada pak wali untuk dijadikan sebagai walikota! Yang menariknya, Kang Emil dulu, sapaan akrab untuk Pak Ridwan Kamil pun mengiyakan langsung saja keinginan tersebut dan jadilah, Pidi Baiq sempat menjabat sebagai Walikota Kota Bandung selama 2 jam versi Twitter.

Comment

Similar Post You May Like