Sulit Fokus? Cobalah 5 Trik Ampuh Agar Tetap Konsentrasi di Pagi Hari!

Wpfreeware 2021-10-19 11:36:37 health

Source: Pexels

Saat kita terbangun dari tidur, terkadang otak kita tak dapat langsung fokus melakukan berbagai aktivitas. Biasanya seseorang akan mengalami momen ketika bingung mencari pakaian, mencari barang apa yang akan di bawa dan ketika kita sudah pergi dari rumah, ada barang yang tertinggal/lupa kita bawa. Tentunya hal itu membuat waktu anda tersita karena harus kembali ke rumah lagi. Pasti sobat glamours pernah mengalami hal ini kan?

Situasi tersebut tentunya akan mengganggu Anda saat akan bersiap menuju tempat kerja atau sekolah dengan otak yang  kurang fokus. Padahal, waktu terus berjalan dan kita dituntut waktu untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Agar meningkatkan kerja otak secara cepat dan lebih segar di pagi hari, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut beberapa tips bisa membantu membuat otak Anda lebih cepat fokus di pagi hari.

Minum Air/Kopi


Source: id.pinterest.com

Setelah tertidur semalaman, badan kita akan merasakan dehidrasi ringan. Karena faktanya, sel dalam otak manusia pun mayoritas terdiri dari cairan. Untuk mengatur temperatur dan membantu perkembangan sel, cairan sangat dibutuhkan untuk memproduksi hormon. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kerja otak.

Berdasarkan penelitian, kekurangan cairan hingga membuat kita dehidrasi, dapat memberi dampak pada memori jangka panjang dan jangka pendek. Maka dari itu, minum air tawarlah ketika mengawali hari. Jumlah asupan air bagi setiap orang dapat berbeda. Ada yang mulai minum 300-500 mL air setiap pagi.

Jika Anda tidak suka air tawar, Anda bisa menggantinya dengan kopi. Karena kafein dalam kopi berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangsang produksi serotonin, dopamin, dan nonadrenalin. Ketiga senyawa ini membuat Anda jadi lebih waspada dan fokus, yang membuat proses berpikir jadi lebih efisien.

Mendengarkan Musik Bertempo Cepat


Source: id.pinterest.com

Otak kita sebetulnya akan sangat menyesuaikan dengan tempo apa yang kita dengarkan ketika memulai hari. Mendengar sebuah lantunan musik dengan tempo yang cepat dapat membantu kerja otak menjadi lebih aktif. Anda juga bisa memilih aliran apapun yang sesuai dan akan membantu semangatmu ketika mengawali hari. Coba dengarkan lagu bertempo cepat di pagi hari atau coba gunakan musik untuk alarm Anda.

Cahaya

Source: id.pinterest.com

Cahaya mempunyai peran penting dalam tubuh kita. Cahaya yang menyentuh mata akan menghubungkan langsung retina dan hipotalamus dalam otak kita. Bagian ini pun akan merangsang bagian dalam otak lainnya untuk bangun. Maka cobalah untuk mendapat cahaya alami dari sinar matahari ketika mengawali hari. Namun, jika anda pergi lebih pagi atau cuaca pagi sedang mendung, cahaya buatan seperti lampu pun dapat membantu anda.

Olahraga Ringan


Source: id.pinterest.com

Olahraga ringan ketika di pagi hari dapat membuat sirkulasi tubuhmu lebih baik, serta dapat berdampak positif pada oksigen dan nutrisi dalam otak. Anda bisa mencoba melakukan olahraga ringan seperti melompat, jalan cepat, atau melihat video olahraga dan melakukannya. Berolahraga sambil melihat video juga dapat melatih perhatian otak Anda.

Mandi Menggunakan Air Dingin

Source: id.pinterest.com

Mandi menggunakan air dingin akan memacu proses biologis dalam tubuh. Meningkatkan aliran darah dan sistem pernapasan. Hal itu akan sedikitnya memicu energi yang bisa membuat perasaan Anda jauh lebih baik.

Untuk membuktikan kebenarannya, anda bisa langsung mencobanya sendiri ketika akan mengawali hari.

Jadi mulailah pagi Anda dengan salah satu kegiatan diatas ini ya sobat glamours! agar Anda menjalankan aktivitasnya dengan fokus dan lancar.


Similar Post You May Like