Gedung Tua Panti Karya, Tempat Nonton Warga Bandung Pada Era 1970-1980

Wpfreeware 2021-10-19 10:19:59 Ngebandung

Bandung memang memiliki sejuta cerita yang tidak ada habisnya. Seperti salah satu gedung yang menjadi saksi bisu Berjayanya perfilman Indonesia di tahun 1970-an. Hal itu menyebabkan banyaknya bioskop yang dibangun salah satunya adalah di Kota Bandung. Bangunan tua yang dahulunya ramai karena tempat ditayangkannya film-film yang menarik perhatian penonton adalah gedung Panti Karya.

Bioskop ini mempunyai balkon yang mampu menamung sekitar 200 kursi penonton. Dahulunya, bioskop di gedung Panti Karya ini berada di lantai satu. Kini, gedung itu tinggalah kenangan. Lantai dasar yang dulu digunakan untuk menonton ini kini telah berubah menjadi sebuah restoran waralaba.

Panti Karya Parkir CentrePark - Bandung, Jabar

Source: foursquare.com

Sementara itu, untuk lantai dua yang dulunya digunakan untuk kawasan perkantoran kini sudah tidak terawat lagi bahkan nyaris terbengkalai. Begitu pun dengan lantai tiga dan juga empat yang dulunya digunakan untuk akademis akuntansi serta pada bagian atasnya yang digunakan untuk sebuah stasiun radio kini terkesan kotor dan tak terurus.

Dulunya di pelataran parkir gedung Panti Karya ini terdapat monument patung Jenderal Ahmad Yani yang pada 2007 di pindahkan ke daerah Taman Lalu Lintas Bandung. Jika dilihat secara seksama, gedung Panti Karya memang tidak banyak yang berubah, bahkan tulisan Panti Karya di bagian atas gedungnya pun masih terpasang dengan baik.

Namun karena kurangnya pemeliharaan, bangunan ini sudah terbengkalai. Pelapis tembok di beberapa bagian gedungnya pun telah mengelupas. Tak hanya itu, bagian kaca pada jendelanya pun sudah banyak yang pecah. Hanya bagian lantai dasarnya yang masih tertata dengan rapih.

Lokasi gedung Panti Karya berada di pusat kota Bandung, tepatnya berada di Jalan Merdeka depan mall Bandung Indah Plaza. Gedung yang dulunya asri ini, kini hanya tinggal kenangan. Bagaimana sobat glamours, apakah anda pernah melewati kawasan gedung Panti Karya ini?

Similar Post You May Like