Sakit Saat Haid? Ini Dia Fakta Yang Harus Anda Ketahui!

Wpfreeware 2021-10-04 11:21:50 health

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang diakibatkan oleh siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Perisapan ini pun ditandai dengan penebalan dinding Rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah.

Meski tidak semua, namun beberapa perempuan mengalami nyeri saat datang bulan. Menurut ahli, nyeri haid atau kram perut merupakan bagian dari kontraksi otot di dalam Rahim. Lapisan dalam Rahim wanita terbentuk setiap bulannya sebagai persiapan tempat berkembangnya sel telur yang telah dibuahi. Maka ketika tidak terjadi pembuahan, lapisan Rahim meluruh bersama dengan darah.

Menstruasi Belasan Hari, Haruskah Waspada? - Health Liputan6.com

Selama proes peluruhan inilah zat kimia prostaglandin ikut keluar dan memicu respons peradangan. Dan kondisi inilah yang dapat menimbulkan kontraksi otot atau nyeri haid. Wanita dapat mengalami nyeri haid selama bertahun-tahun karena sensitive terhadap hormone prostaglandin. Kondisi inilah yang disebut sebagai dismenore. Nyeri haid memang normal, namun terdapat beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan nyeri haid tidak normal. Berikut merupakan ciri jika anda mengalami haid tidak normal:

-          Tidak Mempannya Obat Penghilang Rasa Sakit

-          Sampai Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

-          Nyeri Haid Berlangsung Lama (dengan estimasi waktu normalnya dua-tiga hari)

-          Nyeri Haid Disertai Gejala Lain (Mual, Diare, Pendarahan Hebat, Siklus Haid Tidak Teratur)


Jika anda mengalami ciri-ciri diatas, segeralah periksakan diri anda ke dokter. Namun bagi anda yang mengalami nyeri haid di hari pertama hingga ketiga, anda bisa meminimalisasi rasa sakit dengan beberapa cara dibawah ini:

-          Mengonsumi Obat Pereda Nyeri (NSAID termasuk Ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve)

-          Memijat Bagian Perut Dengan Minyak Esensial

-          Kompres Dengan Air Panas

-          Menghindari Makanan Tertentu (Kafein, Alkohol, Makanan Asin)

-          Konsumsi Banyak Air

-          Lakukan Olahraga Ringan

Dari pembahasan diatas tadi, anda tidak perlu khawatir jika memang rasa sakit yang anda rasakan masih normal dan dalam jangka waktu tiga hari pertama menstruasi. Karena hal yang normal merasakan reaksi nyeri saat haid. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi rasa sakit menstruasi seperti alpukat, pisang, buncis dan selai kacang.

Similar Post You May Like