Jangan Dipaksa! Ini Dia Tanda Kulit Wajah Tidak Cocok Dengan Skincare

Wpfreeware 2021-09-30 11:25:33 Fashion&beauty

Skincare merupakan hal yang krusial bagi sebagian orang karena dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Dibandingkan make up yang menunjang kecantikan dalam jangka waktu yang pendek, penggunaan skincare lebih dipilih untuk kesehatan kulit dalam waktu yang panjang. Namun mencari produk skincare yang cocok untuk kulit tidaklah mudah. Dari sekian banyak produk yang tersebar di pasaran, tak cukup satu kali dua kali untuk mengetahui produk yang cocok dengan kulit wajah kita.

Produk skincare dapat memberikan hasil dan reaksi yang berbeda-beda pada tiap orang. Meski begitu, beberapa tanda bahwa skincare yang anda gunakan itu cocok adalah kulit menjadi lembab serta warna dan permukaan kulit tampak merata. Namun ada pula beberapa ciri produk skincare yang sebenarnya tidak cocok dengan kulit anda. Berikut merupakan cirinya:

Kulit Terasa Panas

10 Penyebab Muka Merah Tiba-tiba, Bisa Tandakan Penyakit - Hot Liputan6.com


Jika wajah anda merasakan panas seperti tersngat setelah menggunakan produk skincare, itu tandanya anda perlu menghentikan penggunaan produk tersebut. Hal ini menandakan bahwa anda alergi terhadap kandungan yang terdapat di dalamnya.

Anda dapat mengetahui apakah suatu produk skincare cocok atau tidak di kulit anda dengan melihat berapa lama sensasi tersebut bertahab. Rasa panas memanglah hal yang wajar namun sensasi tersebut biasanya hanya berlangsung selama sekitar satu menit saja. Jika sensasi tersebut anda rasakan dengan jangka waktu yang lama bisa jadi anda mengalami kondisi dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan peradangan kulit akibat paparan zat pemicu alergi.

Munculnya Ruam

Bedanya Ruam Biasa Dan Ruam Covid 19 - Etalase Serpong

Jika pada kulit wajah anda muncul ruam setelah berkali-kali menggunakan produk skincare yang sama. Efek samping ini biasanya disebabkan oleh bahan kimia dalam pengawet, pengharum dan kandungan lainnya yang dapat mengiritasi kulit. Untuk mencegah munculnya ruam pada kulit, anda bisa mengoleskan terlebih dahulu beberapa tetes produk pada area kulit yang tak terlihat seperti di bagian belakang telinga.

Warna Kulit Menjadi Lebih Gelap

Diam di Rumah hingga Kulit Wajah Kusam dan Kering? Aplikasikan Bahan Alami  Ini untuk Mengatasinya - Tribunjabar.id

Hadirnya bitnik cokelat pada area kulit yang menggelap tidak serta merta menandakan penuaan kulit. Ini mungkin menandakan reaksi alergi pada kulit terhadap bahan tertentu yang terkandung dalam produk skincare. Kondisi ini biasanya muncul karena efek samping dari bahan untuk memutihkan kulit, seperti asam kojic, alpha arbutin, dan hidrokuinon. Jika Anda mengalaminya, segera hentikan penggunaannya kemudian konsultasikan ke dokter.

Kulit Mengelupas

Perawatan Wajah Membuat Kulit Mengelupas? Jangan Panik, Ini Penjelasan  Dokter - Wartakotalive.com

Efek lain yang muncul jika produk skincare tidak cocok dengan wajah anda adalah kulit yang kering hingga mengelupas. Produk yang biasanya menimbulkan efek samping ini adalah krim atau serum yang mengandung retinoid. Kulit yang kering atau mengelupas secara berlebihan menandakan ketidakcocokan dengan kandungan skincare. Apalagi jika kulit sudah tampak memerah atau timbul nyeri, peradangan seperti ini bisa membuat kulit stres dan mempercepat.

Similar Post You May Like