Cara Awal Untuk Mendukung Sustainable Fashion

Wpfreeware 2021-09-25 21:15:53 Fashion&beauty

Source Photo : popbela.com

Dalam beberapa waktu kebelakang, trend fashion berkelanjutan atau yang sering disebut dengan sustainable fashion kerap kali menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan di berbagai belahan dunia. Fashion berkelanjutan merupakan praktik fashion yang memiliki konsep nilai moralitas bahwa fashion semestinya menjadi suatu industri yang memiliki value. Nilai yang dimaksud itu adalah nilai selain uang, dan harus memberikan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan.

Konsep sustainable fashion lahir sebagai bentuk dari tanggung jawab dari industri mode terhadap dampak yang mereka buat. Terkait dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mendukung penerapan sustainable fashion.

1.       Pilih Pakaian Yang Timeless

Source Pinterest

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah anda bisa berinvestasi dengan pakaian yang bersifat timelss dan hanya membeli busana yang bekualitas tinggi. Selain lebih mudah untuk di mix and match dengan item fashion lainnya, fashion item yang bersifat timeless dapat membuat penampilan anda lebih stylish tanpa taku ketinggalan trend.

Pakaian yang timeless meliputi celana jeans, kaos oblong, kemeja, jaket parka dan juga jaket denim. Beberapa item fashion tersebut merupakan fashion yang tak pernah lekang oleh waktu.

2.       Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

Source Pinterest

Cara selanjutnya adalah menggunakan bahan pakaian yang ramah lingkungan. Meskipun tidak ada bahan baju yang benar-benar sustainable fashion, namun penggunaan material yang ramah lingkungan bisa menjadi langkah yang tepat untuk mendukung gerakan ini. Dengan itu, sebisa mungkin anda memilih baju dengan bahan sutra, linen, katun dan wol sebagai kain yang ramah lingkungan.

3.       Explore Upcycling Pakaian Bekas

Source Pinterest

Bagi anda yang menyukai explore dan bereksperimen, anda bisa melakukan kegiatab upcycling produk fashion. Upcycling merupakan proses daur ulang barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang lebih berkualitas dan bermanfaat. Proses upcycle tidak melibatkan penghancuran sampah, melainkan menggunakannya untuk fungsi lain atau bisa jadi sama. Upcycling pun identik dengan daur ulang barang anorganik dan proses pengerjaannya lebih mengutamakan kreativitas pendaur ulang.

Agar tidak berakhir menjadi limbah, anda bisa merombak atau memodifikasi pakaian bekas ke dalam model pakaian kekinian yang lebih kekinian.

4.       Berburu Pakaian Thrift Store

Source Pinterest

Membeli baju baru merupakan pilihan terakhir untuk menerapkan sustainable fashion. Jika pun anda ingin membeli baju usahakan untuk mengunjungi toko bekas atau thrift store terlebih dahulu. Anda bisa melakukan kegiatan thrifting untuk turut berperan mencegah pakaian menjadi limbah.

Similar Post You May Like