Ketahui Perbedaan Preloved dan Thriftshop, Serupa Tapi Tak Sama

Wpfreeware 2021-09-23 21:44:33 Fashion&beauty

Mungkin istilah thrift shop dan preloved memang sudah terdengar tak asing, terutama di kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan belakangan ini trend preloved dan thriftshop menjadi kegiatan yang dijadikan hobi bagi anak muda. Meski orang-orang banyak yang mengira preloved dan thriftshop merupakan hal yang serupa, namun nyatanya keduanya memiliki hal yang berbeda.

Makna Thrift dan Preloved

Tips and Trick Membeli Pakaian Bekas di Thrift Shop – BVoice Radio


Secara harfiah, thrift dapat diartikan sebagai penghematan atau sifat berhemat. Hal ini di dasarkan pada prinsip jika untuk mendapatkan penampilan yang modis dan stylish seseorang tak harus memakai baju yang baru, dan branded. Sebaliknya, seseorang bisa tetap tampil chic meskipun menggunakan baju bekas, selain itu juga anda bisa membeli dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang bagus.

Sementara itu untuk istilah preloved sendiri dalam bidang bisnis jual-beli produk fashion dapat diartikan sebagai barang koleksi pribadi yang kemudian dijual kembali dalam kondisi yang masih baik dan layak pakai. Brang yang dijual secara preloved biasanya memiliki kondisi yang mirip dengan kondisi saat masih baru.

Perbedaan Thrift dan Preloved

Mengenal Arti Kata Preloved dan Perbedaan Thrift Shop | Kampung Inggris CEC


Dari pengertian diatas tadi, bisa disimpulkan bahwa kegiatan thrift juga dipakai untuk menyebutkan tindakan ekonomis oleh masyarakat umum yang menerapkan konsep penghematan dengan cara membeli barang yang jauh lebih murah namun dengan kualitas yang baik. Barang tersebut di bandrol dengan harga yang lebih murah karena biasanya barang tersebut sudah pernah digunakan.

-          Tempat yang dijadikan ladang untuk menjual barang bekas tersebut disebut dengan thrift shop

-          Barang yang di perjual-belikan memiliki sebutan barang bekas pakai

-          Sementara itu melakukan kegiatan berburu barang thrift lebih dikenal dengan sebutan thrifting

Tips Belanja Baju Bekas di Thrift Shop dan Preloved, Menawar is Wajib! -  Semua Halaman - CewekBanget


Dari sisi bisnis, biasanya thrift shop memiliki keunikan dalam produk yang dihasilkan, beberapa hal tersebut diantaranya:

-          Barang yang di thrift shop bukanlah barang baru. Namun hal tersebut bukan berarti kondisi barang tersebut tak layak

-          Barang thrift shop dulunya berasal dari luar negeri, baik itu berupa tas, sepatu atau pakaian

-          Walaupun sifatnya bekas, namun produk yang dijual di thrift shop masih bagus bahkan banyak yang memiliki kualitas yang masih sangat layak

-          Tema pakaian yang dijual di thrift shop biasanya memiliki gaya 90-an sehingga membuat orang yang memakainya memiliki kesan unik

Jual barang preloved di 5 situs ini untuk uang tambahan Bunda


Berbeda dengan thrift, preloved memiliki arti sebagai istilah pada koleksi barang pribadi yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan dijual kepada orang lain. Berikut merupakan beberapa kualifikasi barang yang bisa anda kategorikan sebagai barang preloved:

-          Barang yang dibeli dan hanya pernah dipakai beberapa kali

-          Barang yang dibeli namun belum sempat dipakai

Bisnis jual beli barang preloved dilakukan karena model fashion yang cepat sekali berubah. Hal seperti jarang dipakai karena modelnya sudah tidak tren lagi menjadi alasan mengapa jual beli barang preloved dilakukan. Berikut merupakan beberapa hal yang biasanya dijadikan barang preloved:

-          Barang preloved biasanya barang high end yang berasal dari brand ternama yang notabene memiliki harga mahal

-          Tak jarang juga barang preloved juga merupakan koleksi langka yang sudah jarang ditemukan di pasaran

Dari beberapa keterangan diatas, anda mungkin sudah bisa melihat perbedaan antara thrift dan juga preloved. Intinya thrift merupakan koleksi pakaian bekas impor yang dijual kembali. Sedangkan preloved merupakan koleksi pribadi seseorang yang dijual ke orang lain. 

Similar Post You May Like