Mengenali Terapi Tradisional Khas Sunda ‘Leuhang’

Wpfreeware 2021-09-20 15:54:58 health

Jika mendengar kata Sauna pastilah orang-orang sudah langsung paham. Bagaimana tidak, Sauna merupakan fasilitas yang tersedia hampir di setiap pusat kebugaran. Meskipun begitu intinya, Sauna merupakan mandi uap yang telah ada sejak zaman dahulu. Tak terkecuali di negara Indonesia, metode mandi uap ini sudah ada secara turun temurun.

Tak terkecuali di daerah Sunda, sauna disebut dengan sebutan “Leuhang”. Berbeda dengan mandi uap yang lainnya, leuhang menggunakan rempah di dalam rebusan airnya sebagai terapi dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu, leuhang juga memperlancar aliran darah sekaligus mengeluarkan racun- racun yang ada di tubuh melalui keringat.

Sauna bukanlah hal yang baru bagi orang Sunda. Karena pada zaman dahulu, para leluhurnya biasa merebus rempah-rempah yang airnya ditampung dalam ember kemudian di tutup menggunakan kain. Lalu orang yang akan di leuhang masuk dalam kain agar badannya bisa terkena uap. Rempah-rempah yang digunakan pun seperti kita seperti daun jeruk, daun sirsak, daun honje, sirih, daun nona dan lainnya. Dengan cara merebusnya bersamaan ketika air mendidih di masukan ke dalam ember lalu kita tutup badan kita memakai plastik atau sarung agar uap dari air rebusan langsung ke tubuh kita. Lakukan kurang lebih 15 menit dan anda bida merasakan sensasi tubuh yang menjadi lebih ringan karena racun racun di keluaran dari keringan uap.

Namun seiring berkembangnya zaman, sauna yang lebih modern bisa dengan mudah kita temui di kota-kota besar. Selain itu juga sauna modern lebih di percaya sebagai bagian dari perawatan kecantikan. Hal itu membuat leuhang kini sudah sulit ditemui. Beberapa warga percaya, Leuhang bisa menyembuhkan berbagai penyakit bahkan penyakit yang sudah kronis.

Bagaimana sobat glamours, apakah anda tertarik untuk mencoba metode leuhang untuk kesehatan anda?

Similar Post You May Like