Segudang Manfaat Timun Untuk Kecantikan Wajah Anda

Wpfreeware 2021-09-20 03:31:37 health

Biasanya anda menemukan timun di berbagai olahan seperti nasi goreng. Kesegaran timun serta tekstur timun yang crunchy membuat timun digemari banyak orang. Timun juga bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah pencernaan karena bermanfaat mengatasi sembelit.

Namun tahukah anda, selain dapat dikonsumsi, timun juga sudah umum digunakan sebagai masker wajah. Beberapa produk kecantikan juga bahkan memasukan timun sebagai kandungan utama produknya karena timun memiliki berbagai manfaat bagi kulit. Berikut beberapa manfaat timun untuk kesehatan wajah yang dapat Anda coba!

Mengurangi Mata Bengkak


Manfaat yang satu ini sudah bukan rahasia lagi, irisan timun dingin yang ditempelkan di mata dapat membantu mengempeskan mata bengkak karena ada efek calming dari timun. Ini karena adanya kandungan flavonoid dan antioksidan pada timun yang efektif untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, hingga iritasi. 

Setelah anda menggunakan masker timun pada area mata, jangan lupa juga mengoleskan krim mata untuk mengunci kelembaban kulit. Meskipun mengandung banyak air, namun timun belum mampu menghidrasi kulit area mata secara maksimal.

Mencegah Jerawat


Bagi anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat pasti kesulitan memilih skincare yang cocok. Jerawat sendiri disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, nah, timun memiliki sifat astringent yang dapat mengecilkan pori-pori wajah sehingga dapat mencegah jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat membuat jus mentimun lalu langsung dioleskan langsung ke kulit, di atas jerawatnya saja, ataupun diletakan di balik sheet mask. Dengan menggunakan masker timun, wajah anda akan lebih sehat karena kotoran yang menumpuk pada wajah akan dibersihkan.

Anti Aging


Untuk mengurangi penuaan dini anda juga bisa memanfaatkan kegunaan timun pada wajah anda. Timun memiliki kandungan vitamin C dan caffeic acid yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Adanya kandungan ini mampu menghilangkan keriput dan mengembalikan kesehatan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Selain itu, timun juga mengandung vitamin C dan asam folat di dalamnya. Dimana vitamin C berfungsi merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sedangkan untuk asam folat membantu melawan racun dari paparan lingkungan yang membuat kulit tampak kusam.

Cara menggunakannya, Anda cukup mencampurkan timun halus dengan dua sendok yogurt lalu digunakan sebagai masker wajah.

Melembabkan Kulit

Bagi anda yang memiliki wajah normal to dry atau cenderung kering, anda juga bisa memanfaatkan timun. Timun dapat menghidrasi kulit secara alami, ini karena timun memiliki 96 persen air. Anda cukup membuat jus timun dengan campuran lidah buaya dan madu. Ini dipercaya dapat memberikan efek tenang pada kulit dan dapat melembabkan. 

Similar Post You May Like