Kilas Balik Kawasan Sukamulya Bandung, Kampung Penghasil Boneka

Wpfreeware 2021-09-17 09:39:05 Ngebandung

Selain terkenal dengan industri sepatu yaitu di Cibaduyut, di Bandung juga terdapat Kampung Boneka Sukamulya yang menjadi destinasi wisata. Tempat ini tentunya cocok untuk anda yang membawa buah hati berwisata ke Bandung. Kawasan Sukamulya diberi nama Kampung Boneka karena hampir seluruh warga di des aini berprofesi sebagai seorang pengrajin boneka.

Kampung Boneka ini tak terlepas dari peran Haji Ade. Pada tahun 1990, Haji Ade merupakan pembuat boneka untuk memenuhi pasar. Boneka yang dibuat oleh Haji Ade memiliki kualitas yang baik sehingga menarik pasar yang tinggi. Saat pesanannya semakin banyak, Haji Ade kemudian memperkerjakan warga sehingga hampir seluruh warga disini memiliki profesi sebagai pengrajin boneka. Sekarang ini terhitung sekitar 200-an tenaga kerja yang diserap dari bisnis kerajinan tangan ini.

Boneka handmade yang dibuat oleh warga di kawasan Sukamulya ini memiliki kualitas yang baik.  Karena selain anda bisa membeli boneka dengan yang baik, disini anda bisa secara langsung menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatan boneka. Dengan menyaksikan bagaimana boneka bisa dibuat, anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan baru. Mulai dari menjahit, membuat pola, mengisi boneka dengan drakon dan masih banyak lagi.


Bagi anda yang akan mengunjungi daerah Sukamulya, anda hanya butuh waktu 17 menit dari Pusat Kota Bandung dengan jarak 9 KM. Untuk masuk kesini anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Disini, anda bisa memilih boneka dari mulai ukuran kecil hingga besar dengan berbagai macam karakter kartun. Di sepanjang jalan Sukamulya rumah-rumah warga kemudian disulap menjadi tempat workshop pengrajin boneka.

Pasar boneka yang dijangkau bukan hanya mencangkup Kota Bandung saja tetapi juga sudah menjangkau kota-kota besar yang ada di Indonesia bahkan sampai ke negara-negara tetangga seperti Malaysia. Menurut warga, sedikitnya 768.940 boneka yang di produksi di kawasan Sukamulya.

Similar Post You May Like