Makanan yang Dapat Memperlancar ASI, Bunda Wajib Coba!

Wpfreeware 2021-08-02 15:24:38 health

Bagi ibu menyusui, akan merasa sangat khawatir saat ASI yang keluar hanya sedikit. Berkurangnya ASI yang dihasilkan ibu menyusui bisa berasal dari beberapa faktor, salah satunya ialah kurang mengkonsumsi makanan yang sehat. Nutrisi yang cukup menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh ibu menyusui guna memperlancar ASI, berikut beberapa makanan yang bagus untuk memperlancar ASI:

Kacang-kacangan

15 Jenis Kacang-kacangan Di Dunia. Apa Aja Ya? | Nutify

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, kacang merah, baik sebagai makanan penambah ASI. Ini karena kacang-kacangan mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu juga mengandung kalsium, protein, dan zat besi yang dapat menambah produksi ASI. 

Pepaya

4 Resep Obat Tradisional dari Pepaya, Atasi Demam hingga Malaria Halaman  all - Kompas.com

Tidak hanya buahnya, seluruh bagian dari pepaya dapat membantu memperlancar ASI mulai dari buahnya, bunganya, hingga daunnya. Pada buah pepaya, mengandung vitamin A, C, mineral, asam folat, dan enzim papain. Enzim pada pepaya dapat membantu proses pencernaan protein. Nah, ibu menyusui memerlukan banyak protein untuk menghasilkan ASI. Sehingga buah pepaya baik untuk memperlancar ASI.

Daun katuk

20 Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan, Ketahui Efek Sampingnya - Ragam  Bola.com

Sayuran yang satu ini tidak asing lagi dijadikan untuk penambah asi. Ini karena daun katuk memiliki kandungan latagogum yang dipercaya dapat mendorong produksi ASI. Selain itu juga kaya akan steroid dan polifenol yang bisa meningkatkan kadar prolaktin (hormon yang berfungsi untuk merangsang kelenjar susu memproduksi air susu). Daun katuk dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dijadikan sebagai lalapan. 

Bayam

Bayam memiliki kandungan zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah, dan juga kandungan vitamin B6 pada bayam baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi. Adanya kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A, C, E, K, protein, dan mineral lainnya juga baik untuk memperlancar ASI.


Comment

Similar Post You May Like