Kenali Risiko dan Lama Penyembuhan Telinga Sebelum Melakukan Piercing

Wpfreeware 2021-08-02 15:22:22 health

Guna mempercantik penampilan pada bagian telinga, banyak orang yang melakukan tindik atau piercing dan memasang anting-anting yang menggemaskan sesuai dengan kepribadian. Tak mengherankan memang jika piercing menjadi tren yang tak boleh dilewatkan beberapa waktu lalu.

Setiap penempatan piercing pada telinga memiliki nama yang berbeda. Mulai dari graduate lobe pada bagian bawah daun telinga yang biasa hingga helix yang dilakukan pada daun telinga bagian atas. Rasa sakit yang ditimbulkan pada setiap lubang pun berbeda, karena ada yang harus menembus tulang rawan dan ada pula yang hanya menembus bagian kulit saja.

Bagi Anda yang masih bimbang untuk memutuskan apakah harus melakukan piercing atau tidak, Anda memang harus menimbangnya secara matang. Mengingat risiko dan lama penyembuhan pada setiap jenis piercing berbeda, karenanya Anda harus siap baik secara fisik maupun mental.

Risiko yang paling sering terjadi pada piercing adalah infeksi pada area yang dilakukan penindikan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda haruslah melakukan piercing di tempat yang memang sudah tersertifikasi dan aman. Jangan terbuai dengan harga murah yang ditawarkan, karena masalah kesehatan dapat menjadi jangka panjang.

Selain infeksi, melakukan penindikan di tempat yang asal bisa saja menimbulkan keloid atau luka akibat pembelahan sel kulit secara berlebihan. Hal ini dapat terjadi karena alat yang digunakan tak cukup steril ataupun terdapat kesalahan pada pemasangan tindik Anda.

Sebelum memulai memasang piercing, yang jelas Anda harus berkonsultasi dengan dokter maupun ahli terkait. Hal ini untuk memantau apakah Anda memiliki alergi terhadap suatu jenis perhiasan tertentu atau bahkan fisik Anda tidak terlalu mendukung untuk pemasangan piercing ini.

Biasanya, piercing yang dilakukan pada telinga membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 minggu untuk benar-benar mengering. Namun tak menutup kemungkinan piercing yang Anda lakukan membutuhkan waktu yang lebih lama mengingat kondisi tubuh setiap orang berbeda. 

Comment

Similar Post You May Like