Lebih Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Roti Gandum bagi Kesehatan

Wpfreeware 2021-08-02 15:09:48 health

Roti gandum sering dijadikan pilihan sebagai pengganti karbohidrat bagi orang yang diet. Selain itu, roti gandum juga seringkali dianggap lebih baik ketimbang roti putih biasa. Ini karena roti gantung dibuat dengan tepung gandum sehingga kaya akan serat. Tak hanya mengenyangkan, berikut manfaat roti gandum bagi kesehatan!

Membantu menurunkan berat badan

Berbagai Aturan yang Perlu Diperhatikan Saat Menurunkan Berat Badan -  Alodokter

Tidak asing lagi jika roti gandum sering dikonsumsi oleh orang diet, ini karena mengkonsumsi roti gandum saat sarapan dapat membuat perut lebih penuh dan mengurangi nafsu makan. Namun, perlu diperhatikan saat memilih roti gandum, cek kembali informasi nilai gizinya. Pilihkan roti gandum tanpa tambahan gula, agar lebih optimal dalam menurunkan  berat badan. 

Mengurangi risiko terkena stroke

Cara Mencegah dan Mengurangi Risiko Terkena Stroke

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menyebutkan jika orang yang rutin mengkonsumsi roti gandum berisiko 14% lebih rendah terkena stroke. Ini karena danya kandungan serat, vitamin K, antioksidan, hingga kandungan lemak sehat pada roti gandum. 

Menjadi sumber karbohidrat yang baik

Makan Roti Gandum Lebih Sehat? Intip 8 Fakta tentang Roti - Gaya Tempo.co

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Satu helai roti dapat mengandung sekitar 12-20 gram total karbohidrat, dan sebagian besarnya mengandung serat. Maka, ketimbang roti putih biasa roti gandum lebih kompleks, meski beberapa roti gandum mengandung tambahan gula. 

Baik untuk pencernaan

Manfaat Serat untuk Pencernaan dan Daya Tahan Tubuh

Adanya kandungan serat pada roti gandum, dapat berfungsi untuk meningkatkan gerakan usus dengan melunakkan feses sehingga lebih mudah melewati usus. Selain itu, roti gandum juga dapat membantu penyembuhan iritasi pada saluran pencernaan yang terjadi karena meningkatnya asam lambung. Namun, jangan sampai dikonsumsi secara berlebihan, karena dapat membuat perut menjadi kembung. 


Comment

Similar Post You May Like