Deretan Minuman Tradisional Khas Bandung Yang Segarkan Tenggorokan

Wpfreeware 2021-09-06 20:58:46 Kuliner

Bandung memang daerah dengan udara yang sejuk. Namun tak memungkiri juga jika pada siang hari, utamanya di Kota Bandung cuaca cerah dengan terik matahari tetap membuat kulit terbakar. Selain terkenal dengan makanannya yang membuat perut anda menjadi kenyang, Bandung juga memiliki beberapa menu minuman yang menjadi pelepas dahaga anda di kala panas matahari sedang berada di atas kepala. Berikut merupakan beberapa minuman tradisional khas Bandung yang dapat menjadi penyegar tenggorokan anda.

Es Oyen


Es yang merupakan es campur asal Bandung ini telah dijajakan selama puluhan tahun lamanya. Nama Oyen sendiri diambil dari orang yang pertama kali menjual es ini dari beberapa puluh tahun kebelakang. Awalnya pada tahun 1954, Pak Oyen (pemilik warung) menjajakan minuman ini dengan menggunakan gerobak. Hingga pada akhirnya, tahun 1962 es Oyen mulai dikenal luas oleh masyarakat Bandung dan akhirnya didirikanlah sebuah tempat khusus yang menjual es Oyen ini. Minuman ini berisikan kelapa muda, susu kental manis, es serut, pacar cina, alpukat, nangka, kolang-kaling dan masih banyak lagi. 

Es Goyobod


Es Goyobod merupakan minuman segar yang terbuat dari bahan dasar sagu aren dengan tekstur agar-agar. Es Goyobod memiliki isian lain seperti santan kelapa, sekoteng, alpukat, susu kental manis ditambah dengan es serut yang membuatnya lebih segar. Minuman dingin khas Bandung satu ini memang jarang ditemukan di daerah lain selain daerah Bandung. Goyobod sendiri merupakan tepung hunkwe yang direbus kemudian di potong kotak-kotak. Di Bandung, anda bisa menikmati es Goyobod lgendaris di Pasar Baru, Goyobod Kuno 1949, Jalan Pasar Utara Bandung.

Es Cendol


Kalau minuman yang satu ini anda pasti mengenalnya bukan? Ya, es cendol merupakan minuman khas Bandung yang terkenal karena rasanya yang segar. Pembuatan es cendol bisa terbilang unik karena menggunakan saringan khusus yang menjadikan bentuknya seperti bulir panjang. Es cendol sendiri terbuat dari tepung beras yang diberikan pewarna hijau alami dari daun suji. Lalu kemudian es cendol ini dipadukan dengan santan yang direbus dengan daun pandan, gula merah dan ditambah dengan es serut. 

Comment

Similar Post You May Like