Mengatasi Masalah dengan Coping Mechanism, Apakah Sehat?

Wpfreeware 2021-09-03 04:02:53 health

Sebagai manusia, pastinya setiap hari dihadapkan dengan berbagai masalah dari yang paling sepele hingga yang berat. Stres yang timbul dari berbagai masalah adalah hal yang wajar, salah satu untuk mengatasi stres adalah dengan coping mechanism. Ini merupakan mekanisme yang dapat dilakukan untuk menghadapi situasi yang menyebabkan Anda stres. 

Apa itu coping mechanism?

Tanda Stres yang Patut Diwaspadai dan Cara Menghilangkannya

Coping mechanism atau mekanisme koping adalah sebuah strategi yang dapat membantu Anda mengatur perasaan emosional yang timbul akibat situasi penyebab stres. Seperti emosi amarah, sedih, cemas, kesepian, hingga depresi. Dengan begitu, strategi ini dapat mengontrol hati, pikiran, dan perasaan Anda agar tidak mengalami stres yang lebih parah lagi. 

Secara tidak sadar, coping mechanism sudah dilakukan sehari-hari. Misalnya tengah stres saat melakukan pekerjaan, lalu menonton video lucu untuk menghilangkan stres. Coping mechanism terbagi menjadi dua jenis yaitu aktif (active) dan menghindar (avoidant). 

Jika active coping mechanism biasanya akan melibatkan kesadaran akan penyebab stresnya dan berupaya untuk mengurangi stres tersebut. Sedangkan avoidant coping mechanism mengatasi masalah dengan mengalihkan perhatian dari pemicu masalah. Coping mechanism tidak selamanya baik dan juga tidak selamanya buruk. 

Bagaimana coping mechanism yang tidak sehat?

Mau Liburan? Siapkan Hal Penting Ini Dulu | Republika Online

Kebiasaan mengalihkan diri dari perasaan stres tidak dapat menyelesaikan masalah, justru dapat mengarah pada kebiasaan yang tidak sehat. Coping mechanism jenis ini disebut dengan “maladaptive coping mechanism”. Kebiasaan buruk seperti bermain game tanpa mengenal waktu dan kecanduan media sosial bisa jadi berakar dari maladaptive coping mechanism.

Coping mechanism yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengidentifikasi masalah yang menyebabkan stres dan kemudian mencari solusinya. Misalnya, ketika Anda merasa tertekan dan melakukan kesalahan dalam pekerjaan, Anda dapat meminta maaf dan menanggung kesalahan yang Anda lakukan. Setelah itu, Anda dapat bercerita dengan orang lain lalu mencari hiburan dengan healing. 

Kegiatan coping mechanism yang dapat dilakukan saat Anda stres adalah dengan berolahraga, memasak, menggambar, dan kegiatan positif lainnya. Sebaliknya, hindari melampiaskan emosi dengan minum alkohol, tidur terlalu lama, impulsif buying, hingga lari dari masalah. 


Comment

Similar Post You May Like