Bandung Indah Plaza, Pusat Perbelanjaan Tertua Di Bandung

Wpfreeware 2021-09-01 22:56:52 Ngebandung

Kota Bandung memang salah satu kota metropolitan di Indonesia. Tak heran, jika Bandung merupakan surganya bagi orang-orang yang menyukai aktivitas belanja. Karena selain terdapat banyak wisata alam yang menyegarkan mata, di Bandung juga terdapat banyak pusat perbelanjaan atau mall-mall yang menyuguhkan berbagai fasilitasnya. Namun dibalik banyaknya mall yang terdapat di kota Bandung yang memiliki Paris Van Java ini, terdapat pusat perbelanjaan tertua dan masih berdiri hingga sekarang ini. Mall tersebut merupakan Bandung Indah Plaza yang terletak di pusat perkotaan Bandung.



Bandung Indah Plaza (BIP) merupakan pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Merdeka, Bandung dan memiliki luas sekitar 2,3 hektar. Pusat perbelanjaan ini merupakan pusat perbelanjaan tertua di Bandung karena telah berdiri sejak tahun 1989 dan secara resmi dibuka pada 19 Asgustus 1990. Pembangunannya dilakukan oleh Murthy Kurnia Utama pada 13 Agustus 1987 dan selesai sekitar November 1989. Sebelum menjadi pusat perbelanjaan dengan bangunan tertutup seperti sekarang, sebelumnya BIP memiliki ruang terbuka di bagian tengah dan belakang mall.


Pada masanya, BIP menjadi ikon belanja di Bandung karena pada masa itu masyarakat hanya mengenal konsep department store dan juga pasar swalayan. Pusat perbelanjaan yang mudah dikenal karena bentuk atapnya yang berbentuk silinder ini awalnya memang direncanakan sebagai sebuah perkantoran dan pusat perdagangan, namun hal ini dibatalkan karena permintaan perkantoran di Bandung kurang.

Mall yang memiliki empat lantai ini hingga sekarang masih banyak dikunjungi oleh masyarakat Bandung, terutama pada weekend. Tempat yang strategis dan mudah di jangkau juga menjadi alasan mall ini masih menarik untuk dikunjungi. Di mall ini terdapat beberapa tenant-tenant yang tentunya juga banyak menarik minat pengunjung.

Comment

Similar Post You May Like