Selain Sebagai Bumbu, Ini Manfaat Oregano untuk Kesehatan

Wpfreeware 2021-09-01 02:45:57 health

Oregano biasanya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah untuk penyedap rasa, terutama pada pizza dan pasta. Aromanya yang harum, memiliki rasa yang sedikit pahit, oregano juga dapat memberikan efek hangat pada tubuh. Ternyata, oregano juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini!

Menangkal radikal bebas

Mengenal Radikal Bebas, Bahaya bagi Tubuh, dan Kaitannya dengan Antioksidan

Radikal bebas dapat memicu kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti kanker hingga penyakit jantung. Oregano kaya akan molekul antioksidan yang dapat mengendalikan radikal bebas berlebih. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi antioksidan akan memberikan perlindungan bagi kesehatan tubuh. 

Memperlancar pencernaan

7 Cara agar BAB Lancar saat Puasa Ramadan - Tokopedia Blog

Ternyata oregano sering dijadikan obat untuk memperlancar pencernaan. Ini karena oregano dapat menonaktifkan efek berbahaya dari norovirus yang dapat menyebabkan efek berbahaya seperti mual, sakit perut, dan diare. Selain itu, oregano juga kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan dan terhindar dari resiko sembelit. 

Meredakan flu dan batuk

Oregano juga diyakini dapat membantu meredakan flu dan batuk. Caranya Anda bisa meneteskan minyak oregano atau memasukan oregano kering ke dalam air hangat. Lalu hirup uapnya, ataupun gunakan air campuran tersebut untuk mandi. Dengan begitu, pernafasan Anda lebih lega sehingga flu dan batuk akan mereda. 

Memiliki sifat antibakteri

Oregano Adalah Herbal yang Menyedapkan Sajian, Apa Manfaatnya?

Oregano mengandung 2 senyawa yaitu thymol dan carvacro yang memiliki sifat antibakteri. Selain itu, oregano juga mampu memblokir bakteri lainnya yang dapat menyebabkan infeksi. Bahkan, oregano yang segar merupakan agen antibakteri yang bagus dan dapat mencegah kerusakan sel.

Comment

Similar Post You May Like