Over Exfoliating? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini!

Wpfreeware 2021-08-29 09:42:57 Fashion&beauty

Source: Freepik


Terdapat segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan eksfoliasi. Mulai dari pengangkatan sel kulit yang mulai kering, meremajakan kulit, membersihkan pori-pori dari debu dan kotoran, hingga membuat kulit menjadi lebih cerah. Eksfoliasi pun dapat dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, yakni dengan chemical exfoliation maupun dengan physical exfoliation.


Dibalik deretan manfaat yang Anda terima dengan mengeksfoliasi kulit wajah, terdapat sebuah bahaya yang mengancam jika Anda terlalu rajin melakukan hal ini yakni over exfoliating. Sebuah kondisi yang Anda alami ketika terjadi iritasi pada kulit wajah Anda apabila terlalu sering melakukan eksfoliasi. Alih-alih menjadi cerah, kulit Anda malah menjadi kering, mengelupas, bahkan break out!


Ketika kulit Anda telah memasuki fase ini, Anda tak perlu panik dan berpikiran bahwa kulit Anda tak akan seperti semula. Meski memerlukan waktu yang agak lama, percayalah bahwa skin barrier Anda akan kembali sehat. Cukup lakukan beberapa hal ini untuk membantu mengembalikannya.


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti untuk melakukan eksfoliasi hingga kulit wajah Anda benar-benar pulih. Melakukan eksfoliasi saat kulit wajah Anda tengah iritasi hanya akan membuat iritasi tersebut semakin perih. Baik chemical maupun physical, sebaiknya dihentikan dulu, ya.


Selanjutnya, Anda sangat disarankan untuk memakai produk-produk khusus untuk kulit sensitif. Karena kulit Anda tengah sangat sensitif karena iritasi yang ditimbulkan, menggunakan perawatan basic skincare Anda yang biasanya dikhawatirkan malah akan menimbulkan efek tertentu pada wajah Anda. Oleh karena itu, penggunaan basic skincare khusus untuk kulit sensitif merupakan jawaban yang tepat.


Untuk memberi nutrisi pada kulit Anda yang tengah breakout, maka pelembab akan bekerja dengan baik untuk melembabkan kulit Anda yang tengah iritasi. Pilihlah pelembab yang tak memiliki kandungan alkohol dan pewangi atau fragrance free. Karena kedua kandungan bahan aktif tersebut malah akan membuat iritasi pada kulit Anda meradang. Terakhir, berikan kelembaban lebih dengan menggunakan face mist!

Comment

Similar Post You May Like