Cara Merawat Kutikula yang Kering, Tak Perlu ke Salon!

Wpfreeware 2021-08-29 09:37:49 health

Kutikula merupakan lapisan kulit yang berada di pangkal kuku dan berfungsi untuk menghalangi bakteri berbahaya untuk masuk ke dalam kuku. Jadi, lebih disarankan untuk tidak memotong kutikula kuku saat merawat kuku. Sama seperti bagian kulit lainnya, kutikula juga bisa kering hingga terkelupas yang menimbulkan rasa perih serta luka. Tidak bisa dianggap sepele, berikut cara merawat kutikula yang kering!


Jaga kelembaban kutikula


Masalah kutikula yang paling sering adalah kering, padahal menjaga kelembaban kutikula sama pentingnya dengan merawat bagian kulit lainnya. Saat kutikula terlalu kering, tidak baik bagi kuku karena akan membuat kuku menjadi pecah-pecah. Menggunakan pelembab menjadi penting, Anda dapat rutin menggunakan pelembab kulit kepada kutikula secara rutin. 


Hindari hal yang memicu kutikula kering

Sering Cuci Piring Bikin Kulit Kering, Begini Mengatasinya

Jika kutikula Anda sudah terlanjur kering hingga menimbulkan luka yang parah, hindari terlebih dahulu pemicunya. Biasanya, hal ini dipicu oleh terlalu sering mencuci piring, mencuci baju dengan tangan, atau terlalu sering menggunakan cairan pembersih kuku. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sarung tangan saat mencuci piring dan tidak melakukan pekerjaan yang merusak kuku terlebih dahulu. 


Gunakan krim kutikula

DIY Krim Kutikula Minyak Kelapa & Lidah Buaya yang Bagus Untuk Kesehatan  Kuku Kita! - CewekBanget

Untuk mendapatkan kutikula yang sehat Anda tidak perlu ke salon, Anda dapat menggunakan krim khusus kutikula yang dapat menutrisi serta menjaga kelembaban kutikula. Carilah yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan minyak alami seperti sunflower oil atau almond oil. Setelah itu, cukup oleskan krim kepada kutikula Anda dan pijat sedikit ke bantalan kuku Anda, gunakan krim ini secara rutin, ya!


Hentikan kebiasaan menggigit kuku


Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk menggigit kuku, kebiasaan buruk ini dapat membuat kutikula terinfeksi dari bakteri yang menyebar dari mulut. Agar kutikula tidak kering dan luka, hindari kebiasaan menggigit kuku ini agar kesehatan kuku Anda lebih terjaga. Agar hal ini tidak sering terjadi, pastikan kuku Anda selalu pendek.

Comment

Similar Post You May Like