Mengenal Aquagenic Urticaria, Penyakit Alergi Air yang Langka

Wpfreeware 2021-08-29 09:31:57 health

Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu dekat dengan air dan air menjadi kebutuhan hidup yang tidak dapat digantikan. Namun, bayangkan jika ada seseorang yang alergi dengan air. Yap! Alergi air atau aquagenic urticaria merupakan penyakit langka di mana penderitanya  mengalami gatal-gatal setelah terkena air.


Apa itu alergi air?


Istilah medisnya yaitu aquagenic urticaria atau alergi air merupakan kondisi saat penderitanya mengalami reaksi alergi seperti ruam dan gatal-gatal saat bersentuhan dengan air, terlebih dari suhunya. Alergi ini lebih sering terjadi pada wanita yang telah melewati masa pubertas dan kasusnya juga langka. 


Alerginya dapat terjadi saat permukaan kulit melakukan kontak dengan berbagai jenis air seperti air hujan, air kolam, air keran, air mata, keringat, hingga air salju. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab seseorang mengalami alergi air. 


Menurut para peneliti, kondisi ini dapat terjadi karena senyawa kimia pada air seperti klorin dapat memicu respons imunitas berupa pelepasan histamin. Karena itulah kemudian terjadi reaksi alergi pada kulit. Jadi, bisa jadi gejala yang timbul bukan karena airnya namun karena senyawa pada air yang dapat memicu alergi.


Gejala yang timbul

What are Hives?

Gejala yang dialami oleh penderita alergi air hampir mirip dengan biduran, yaitu munculnya ruam kemerahan yang gatal atau perih seperti terbakar, hingga adanya peradangan pada kulit. Biasanya, gejala seperti ini akan terjadi saat terkena air dan akan bertahan selama 30-60 menit hingga tubuh sudah kering dan jauh dari paparan air. 


Bagaimana cara mengatasinya?

Kenali Manfaat dan Efek Samping dari Penggunaan Hidrokortison | merdeka.com

Belum ada pengobatan alergi air yang efektif hingga saat ini, namun ada pengobatan untuk meringankan gejala yang muncul. Setelah memeriksakan kondisi kepada dokter, akan diberikan obat untuk mengobati gejala alergi dan mengurangi peradangan. Obat-obatan yang diberikan dapat berupa diminum, dioles, hingga disuntik. 

Comment

Similar Post You May Like