Wajib Tau! Ini Gejala Awal Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Wpfreeware 2021-08-27 07:25:35 health

Sering juga disebut dengan kencing manis, diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan peningkatan gula darah pada tubuh. Gejala awal diabetes seringkali tidak disadari sehingga banyak penderita yang baru menyadari saat telah mengalami komplikasi. Maka, penting untuk mendeteksinya sedini mungkin agar bisa segera mendapatkan perawatan. Berikut beberapa gejala awal diabetes yang perlu Anda ketahui!


Sering buang air kecil


Sering bolak-balik buang air kecil? Hal ini perlu Anda waspadai karena ini merupakan salah satu ciri-ciri diabetes. Gejala yang satu ini biasanya terjadi saat sering buang air kecil di malam hari, bahkan hingga membuat Anda terbangun saat sedang tidur. Dalam istilah medis, ini disebut poliuria dan terjadi karena kadar gula pada darah sudah terlampau tinggi. 


Mudah haus


Beser atau sering buang air kecil umumnya disebabkan oleh terlalu banyak minum air. Gejala diabetes lainnya adalah mudah haus dan rasa haus ini tidak mudah hilang meskipun sudah minum. Kondisi ini berkaitan dengan gejala sering buang air kecil, Anda akan sering merasa membutuhkan asupan cairan untuk menggantikan cairan yang terbuang melalui urine. 


Berat badan turun drastis

Berat Badan Turun Drastis Justru Berbahaya - Alodokter

Sering merasa lapar menjadi salah satu ciri-ciri diabetes yang paling umum dan tidak dapat disepelekan. Kondisi ini biasanya terjadi setelah makan berat, dan disebabkan oleh kemampuan tubuh yang bermasalah saat memproses insulin. Proses perubahan glukosa menjadi energi menjadi terhambat dan tubuh merasa energinya tidak terpenuhi sehingga memberikan sinyal untuk kembali makan. 


Gangguan pengelihatan


Penglihatan yang terganggu menjadi hal yang normal seiring bertambahnya usia. Namun, jika Anda mengalami gangguan penglihatan seperti buram, penglihatan kabur, atau keruh sejak usia muda perlu diwaspadai karena ini salah satu gejala diabetes. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya glukosa penderita yang menyebabkan kerusakan saraf dan pendarahan di pembuluh darah mata. 


Comment

Similar Post You May Like