Vaksinasi Bukan Syarat Utama PTM di Kota Bandung

Wpfreeware 2021-08-27 11:01:10 health

Photo Source: TOMMY RIYADI/PRFM

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menekankan jika vaksinasi tidak menjadi syarat utama untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bandung. Hal itu dikarenakan murid PAUD dan SD dibawah 12 tahun belum menjadi sasaran vaksin.

"Saya pikir kalau vaksinasi menjadi syarat utama maka PAUD dan SD belum bisa gelar PTM karena belum jadi bagian sasaran vaksin. Anak yang dibawah 12 tahun pun belum divaksin. Ya intinya kita ikuti Inmedagri dan posisi kita di level 3 sudah boleh," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) kota Bandung, Ema Sumarna, di Balaikota, Kamis 26 Agustus 2021.

Ema menambahkan jika status PPKM Level 3 di Kota Bandung saat ini memungkinkan digelarnya PTM. Poin tersebut tersurat dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) No. 83 Tahun 2021.

"Kan memang regulasi di Inmendagrinya seperti itu (PTM boleh dilaksanakan, red) Kemudian dari Mendikbud sudah boleh selama PPKM sudah masuk di level 1, 2, dan 3," katanya.


Pihaknya pun memberikan pernyataan jika sudah jauh hari membuat pedoman teknis apabila PTM dilaksanakan. Hanya saja untuk eksekusinya, Disdik Kota Bandung sebagai instansi yang berwenang.

"Dan sekarang saya lihat Kepada Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, sudah lakukan persiapan serta langkah yang tentu sudah mengatur waktu, bulan September seperti apa dan Oktober seperti apa, jadi semacam roadmap," jelasnya.

Sementara saat disinggung tentang perlu tidaknya digelar kembali simulasi sebelum PTM dilaksanakan, Ema menegaskan jika tidak perlu lagi ada simulasi. Ia berpendapat jika teknis pelaksanaan PTM sudah tertuang dalam pedoman yang sudah ditandatangani Ketua Satgas Covid-19 kota Bandung.

"Untuk simulasi, saya pikir gak perlu diulang, karena sudah tertuang di pedoman yang ditandatangani Ketua Gugus," imbuhnya.

Comment

Similar Post You May Like