Mengenal Manfaat Selenium, Senyawa Mineral yang Baik untuk Tubuh

Wpfreeware 2021-08-26 07:34:14 health


Selenium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil. Meskipun begitu, kandungan ini memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mineral ini dapat Anda jumpai dalam ikan tuna, daging sapi, daging ayam, hingga biji-bijian. Apa saja manfaat selenium bagi tubuh? Berikut penjelasannya!


Meningkatkan imun tubuh

5 Langkah Hidup Sehat, Agar Tubuh Makin Kuat Lawan COVID-19 | Blog Ruparupa

Selenium kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel imun dari kerusakan. Selain itu, selenium juga dapat meningkatkan kemampuan respons imun saat melawan infeksi. Beberapa penelitian juga telah membuktikan jika memberikan suplemen selenium pada penderita HIV, hepatitis C, influenza, dan tuberkulosis dapat meningkatkan imunitas tubuh penderitanya.


Mengatasi gejala asma


Karena selenium dapat mengurangi peradangan, maka mineral ini dapat membantu meredakan gejala yang berkaitan dengan asma. Gejala yang dialami oleh penderita asma berupa sesak napas, sesak dada, dan batuk. Penelitian telah menunjukan jika penderita asma memiliki kadar selenium yang lebih rendah. 


Menjaga kesehatan tiroid


Kelenjar tiroid mengandung selenium yang paling banyak ketimbang organ tubuh lainnya. Selenium berperan penting untuk melindungi tiroid terhadap kerusakan oksidatif dan berperan penting dalam memproduksi hormon tiroid. Apalagi, kelenjar tiroid yang sehat penting untuk metabolisme, begitupun dengan kontrol pertumbuhan serta perkembangan tubuh. 


Meningkatkan fungsi kognitif otak


Fungsi kognitif otak merupakan kemampuan otak dalam menyimpan dan memproses informasi dari luar. Ada beberapa faktor yang dapat menurunkan fungsi kognitif otak, salah satunya adalah kerusakan sel. Nah, selenium dapat mencegah kerusakan sel tersebut dengan mengubah zat kimia buangan menjadi bahan lain. Sehingga, fungsi kognitif otak Anda tetap terjaga dengan baik. 

Similar Post You May Like