Waspada! Ini Penyebab Air Kencing Bau Tak Sedap

Wpfreeware 2021-08-24 04:46:51 health



Air kencing atau urine yang normal memiliki bau pesing yang khas, berwarna kekuningan hingga bening, dan konsistensinya encer. Jika Anda mengalami bau aneh yang menyengat jangan sampai disepelekan begitu saja. Karena ini bisa jadi sebuah tanda dari penyakit tertentu. Berikut beberapa penyebab munculnya air kencing berbau tidak sedap!


Dehidrasi


Dehidrasi merupakan kondisi saat tubuh kekurangan cairan, ini dapat menyebabkan warna air kencing menjadi kuning tua tau oranye. Munculnya kencing berbau juga bisa terjadi karena dehidrasi. Hal ini dapat terjadi karena kandungan urine terdiri dari air dan zat buangan dari ginjal yang dikeluarkan tubuh. Saat kandungan air sedikit, akan mempengaruhi bau kencing.


Terlalu banyak kafein

Kamu Suka Ngopi? Awas, Ini Bahaya Minum Kopi Setiap Hari! : Okezone  Lifestyle

Saat seseorang terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh, lebih berisiko memiliki aroma urine yang lebih menyengat ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya. Kondisi ini dapat terjadi karena sisa dari zat kopi atau teh yang tidak dapat dicerna dengan baik sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap yang dikeluarkan bersama kencing.


Infeksi saluran kemih


Selain menimbulkan rasa perih saat buang air kecil, Infeksi Saluran Kemih atau ISK juga dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap saat kencing. Ini karena adanya infeksi pada saluran kencing sehingga bakteri yang ada bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Terkadang, infeksi ini juga bisa menyebabkan keluar darah saat kencing. Jika Anda mengalami ini segera konsultasikan dengan dokter.


Diabetes


Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi, kondisi ini menyebabkan urine juga mengandung gula. Akibatnya, kencing penderita diabetes cenderung lebih berbau manis dan lebih sering disebut juga sebagai kencing manis. Bagi yang mengalami kondisi ini dan belum didiagnonis penderita diabetes, disarankan untuk ke dokter agar segera mendapatkan perawatan.

Comment

Similar Post You May Like