Telinga Sering Berdengung? Bisa Jadi Ini Alasannya!

Wpfreeware 2021-08-23 07:02:03 health


Telinga berdengung umum terjadi pada setiap orang, ini dapat muncul pada telinga di kanan, kiri, atau keduanya dan yang dirasakan bisa terus-menerus atau hanya sesekali. Kondisi ini merupakan gangguan pendengaran tinnitus. Jika gangguan ini muncul dalam enam bulan lebih dapat disebut tinnitus kronis. Adapun beberapa penyebab mengapa telinga sering berdengung, seperti berikut ini! 


Mendengar suara yang terlalu kencang


Pemicu yang paling umum adalah karena terlalu sering mendengar suara atau musik dengan volume yang sangat kencang. Sel rambut halus pada telinga dapat rusak jika sering terpapar suara kencang. Kondisi ini biasanya terjadi secara tidak tiba-tiba namun akan muncul akibat terpapar suara kencang dan dalam waktu yang lama. 


Stres

Tanda Stres yang Patut Diwaspadai dan Cara Menghilangkannya

Rasa stres dan cemas bisa memperparah gejala telinga berdengung. Gangguan ini akan semakin terasa saat penderita sedang merasa stres dan cemas berlebih. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena adanya peningkatan hormon stres yang memicu peningkatan impuls saraf ke berbagai organ di tubuh, termasuk telinga. 


Penumpukan kotoran


Adanya penumpukan kotoran telinga juga dapat menjadi penyebab telinga berdengung. Beberapa kasus, hal ini sering terjadi ketika penderita mengalami telinga berdengung karena adanya kotoran yang menumpuk di telinga. Untuk mengatasinya, Anda perlu mendapatkan perawatan ke dokter untuk menyedot kotoran telinga.


Faktor usia


Gejala telinga berdengung seringkali dialami oleh lansia, dan ini umum terjadi. Karena seiring bertambahnya usia, sel rambut halus di telinga bagian dalam akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan tinnitus yang lebih ketara. Serta, lambat laun penderita akan lebih kurang peka terhadap suara luar. 

Comment

Similar Post You May Like