Jangan Lakukan Hal Berikut Setelah Melakukan Scaling Gigi!

Wpfreeware 2021-08-22 09:34:33 health



Scaling gigi atau pembersihan karang menjadi salah satu menjaga kebersihan gigi. Ini dilakukan untuk membuang karang gigi yang berasal dari tumpukan sisa makanan yang mengeras di gigi. Agar proses scaling tidak sia-sia, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah melakukan scaling. Berikut beberapa pantangan setelah melakukan scaling gigi:


Jangan langsung makan

Hati-hati, Makan Berlebihan Bisa Jadi Pertanda Binge Eating Disorder -  Alodokter


Pada proses scaling biasanya menggunakan obat bius, efek bius tersebut masih akan terasa selama beberapa jam setelah scaling. Selama efeknya belum hilang, Anda disarankan untuk tidak makan terlebih dahulu untuk mengurangi risiko tergigit. 


Makanan yang keras

Cuma Makan Satu Buah Apel Setiap Hari, Lima Keajaiban Ini Akan Terjadi pada  Tubuh! - Semua Halaman - Sajian Sedap


Berikutnya, Anda sebaiknya menghindari makanan dengan tekstur yang keras. Ini karena setelah scaling, saat mengunyah makanan akan tidak senyaman biasanya. Hal tersebut disebabkan oleh sensitivitas gigi yang meningkat. Maka, usahakan untuk menghindari terlebih dahulu makanan yang keras untuk beberapa waktu seperti daging atau apel utuh.


Rokok dan alkohol



Air liur diperlukan mulut untuk menghindari penumpukan makanan dan plak di gigi. Salah satu penyebab mulut kering oleh air liur disebabkan oleh meminum alkohol dan merokok. Keduanya dapat mengurangi produksi air liur dan berpotensi untuk memudahkan terjadinya penumpukan plak. Sehingga, karang gigi yang sebelumnya telah dibersihkan akan lebih mudah untuk muncul kembali. 


Makanan yang bisa menusuk gusi

Bingung Cara Menyimpan Keripik Agar Tetap Renyah? Yuk, Coba Tips Ini!


Mengkonsumsi makanan kecil yang bisa menusuk-nusuk gusi dan gigi perlu Anda hindari setelah melakukan scaling. Contohnya seperti keripik kentang atau kacang-kacangan yang akan hancur menjadi kecil dan teksturnya yang bisa menusuk gusi. Ini perlu dihindari karena setelah scaling gigi dan gusi akan menjadi lebih sensitif, akibatnya gusi bisa menjadi bengkak dan rentan berdarah.

Comment

Similar Post You May Like