Deretan Obat-obatan Herbal yang Dapat Mengatasi Diare

Wpfreeware 2021-08-22 09:28:47 health



Mengalami diare pastinya membuat tidak nyaman, terlalu sering buang air besar juga membuat tubuh kehilangan banyak dehidrasi. Ada banyak faktor penyebab terjadinya diare seperti infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, intoleransi laktosa, hingga masalah pada saluran pencernaan. 


Selain mengkonsumsi obat pereda diare, Anda dapat mencoba cara tradisional dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal. Berikut alternatif dari obat kimia untuk mengatasi diare yang dapat Anda coba!


Teh jahe



Jahe sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi rasa tak nyaman di perut. Ini karena jahe memiliki sifat anti nyeri, antibakteri, antioksidan, dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi rasa perut melilit akibat diare. Untuk menjadikan jahe sebagai obat alami pereda diare, Anda dapat mengiris jahe lalu direbus bersama air. Tambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasa.


Teh chamomile



Teh chamomile dipercaya dapat menjadi obat diare alami karena dapat meredakan peradangan serta memperbaiki kerusakan usus. Ini karena teh chamomile memiliki sifat anti diare dan anti radang yang baik untuk menjaga usus agar tetap sehat. Untuk mengkonsumsinya, dapat menyeduh teh chamomile ataupun merebus tangkai bunga chamomile hingga mendidih, tambahkan juga madu sebagai pemanis.


Air putih



Saat buang air besar dalam frekuensi yang sering, Anda akan kehilangan banyak cairan atau bahkan mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa meningkatkan porsi minum air putih, setidaknya menjadi 1 liter setiap 1-2 jam. Ini dapat membantu mengatasi dehidrasi Anda sehingga tubuh menjadi lebih segar dan tidak lemas lagi.


Yogurt



Makanan tinggi probiotik yang satu ini mengandung bakteri baik yang terdapat di sistem pencernaan. Saat mengkonsumsi yogurt, jumah bakteri baik pada usus akan bertambah sehingga dapat melawan bakteri penyebab buang air besar dan juga dapat menghentikan diare. Anda dapat mengkonsumsi plain yogurt untuk meredakan diare.

Comment

Similar Post You May Like