Mengenal Wisata Kampung Adat Di Bandung

Wpfreeware 2021-08-21 02:59:17 wisata


Jawa Barat memang terkenal dengan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan adat dan budaya. Terdapat beberapa daerah di Jawa Barat yang masih mempertahankan keaslian budayanya. Salah satu desa adat yang terkenal adalah Suku Baduy yang berada di Kampung Naga. Namun bagi anda yang akan berkunjung ke daerah yang Kabupaten Bandung, terdapat beberapa kampung adat yang masih mempertahankan adat dan kebudayaannya dengan segala keunikannya.

Kampung Adat Cireundeu


Kampung adat ini juga sering disebut sebagai kampung singkong karena warga yang tinggal di dalamnya membuat nasi dari singkong bukan dari beras. Selain menjadi nasi, warga Cireundeu juga mengolah singkong menjadi berbagai olahan lain seperti egg roll, simping hingga dendeng. Jika anda berkunjung ke kampung adat Cirendeu, anda bisa melihat secara langsung proses pengolahannya. Lokasi kampung adat Cireundeu ada di kawasan Leuwigajah, kota Cimahi.

Kampung Adat Cikondang

Yang Tersisa Dari Kampung Adat Cikondang

Salah satu kampung adat yang terkenal di kawasan Bandung Selatan adalah kampung adat Cikondang. Kampung adat Cikondang tepatnya teretak di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Namun sayangnya, karena kebakaran hebat rumah adat yang tersisa di kawasan hanya menyisakan satu rumah saja. Rumah adat tersebut ditinggali oleh juru kunci lengkap dengan perabotan rumahnya yang masih tradisional. Untuk berkunjung kesini, anda membutuhkan waktu hingga 1,5 jam dengan jarak 36 KM dari pusat Kota Bandung. Selain itu juga, disini terdapat hutan larangan yang ditumbuhi pohon melati yang telah berumur 360 tahun.

Kampung Adat Mahmud


Kampung adat yang berlokasi di Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Marga Asih, Kabupaten Bandung ini sering disebut sebagai Tanah Sucinya Islam di kawasan Bandung. Disini anda disuguhkan dengan wisata religi yang sangat kental. Nama ‘Mahmud’ sendiri diambil dari sebuah gua di Mekkah yang tanahnya dibawa oleh Eyang Dalem Abdul Manaf dan disebar di kawasan kampung adat Mahmud. Biasanya di kampung adat ini diadakan beberapa acara Islam seperti hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Anda perlu menempuh waktu kurang lebih 60 menit untuk sampai ke kampung adat Mahmud dari Bandung kota. 

Comment

Similar Post You May Like