Mengenal Gedung Merdeka di Jalan Asia-Afrika, Ternyata Dulunya Adalah Warung Kopi

Wpfreeware 2021-08-20 07:21:03 Ngebandung


Salah satu tempat yang bersejarah di Kota Bandung yaitu Gedung Merdeka berada di Jalan Asia-Afrika, ternyata gedung ini pada awalnya adalah sebuah warung kopi. Gedung ini merupakan tempat pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika merupakan salah Konferensi yang digagas oleh Presiden Pertama Ir. Soekarno. Dimana gedung ini dibangun pada tahun 1895.

Namun jauh sebelum itu tempat ini merupakan warung kopi, bahkan bukan sembarang warung kopi, pada saat itu tempat ngopi ini merupakan tempat berkumpulnya para saudagar dari Belanda.

Gedung ini mulai di renovasi yang dimulai pada tahun 1920 sampai 1928, kemudian gedung ini dikenal dengan nama gedung Concordia, dimana didirikan oleh perkumpulan Societeit Concordia sebagai tempat hiburan dan sosialisasi. Gedung ini pun ramai dikunjungi oleh para pemilik perkebunan tanaman teh, karet, dan kina yang ada di sekitar Jawa Barat.

Gedung Merdeka” Jejak Gaya Hidup Kelas Elite | infobdg.com

Sejak awal gedung ini sudah terlihat megah dan mewah dengan mempunyai gaya arsitektur ala Eropa dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti ruang dansa dan ruang umum yang dibuat dari marmer Italia. Sedangkan pada bagian lantai di ruang bar dibuat menggunakan elkenhout yang merupakan kayu dengan kualitas yang tinggi.

Cerita lainnya mengatakan bahwa pada saat dahulu gedung ini dihiasi dengan Lampu Kristal, namun saat ini diganti dengan lampu neon. Lantainya pun turut diganti menggunakan tegel asli asal Cimindi, Cimahi, Jawa Barat. Dan pada saat masa penjajahan Jepang Gedung ini berubah menjadi Dal Toa Kaitan yang dimana digunakan untuk tempat pertemuan oleh tentara Jepang.

Lalu setelah Jepang Menyerah kepada sekutu, gedung ini kemudian beralih fungsi mejadi pusat pemerintahan Kota Bandung, dan pada Maret 1946, terjadi sebuah peristiwa bersejarah yaitu Bandung Lautan Api. Saat itu, tentara Indonesia meninggalkan gedung ini kemudian pada akhirnya gedung ini dijadikan sebagai tempat senin dan hiburan.

Tepat di 1954, pemerintah Indonesia akhirnya mengambil alih gedung bersejarah tersebut untuk digunakan sebagai acara Konferensi Asia Afrika, lalu Presiden Soekarno Mengubah nama Concordia menjadi Gedung Merdeka, yang hingga saat ini merupakan tempat wisata sejarah yang ada di Kota Bandung.

Comment

Similar Post You May Like